Sukses

Kopilot Garuda yang Positif Narkoba Warga Negara Asing

Kopilot bernama Munoz Lopes Victor itu diketahui positif narkoba saat pemeriksaan kelancaran dan keselamatan penerbangan Lebaran 2013.

Kopilot maskapai Garuda Indonesia yang positif menggunakan narkoba ternyata warga negara asing. Kopilot bernama Munoz Lopes Victor itu diketahui positif narkoba saat pemeriksaan kelancaran dan keselamatan penerbangan Lebaran 2013.

"Ada 1 kopilot Garuda yang terindikasi menggunakan narkoba. Dia orang asing, tapi saya tidak tahu kewarganegaraannya," kata Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Selatan (BNNP) Richard Nainggolan kepada Liputan6.com, Senin (5/8/2013).

Karena terindikasi mengonsumsi narkoba, Victor pun dilarang terbang. Meski terindikasi positif menggunakan narkoba, Victor belum ditahan. Informasi yang diterima, Munoz Lopes Victor merupakan warga negara Spanyol.

"Kami serahkan ke balai keselamatan penerbangan. Jadi mereka tangani," tutur Nainggolan.

BNNP Sulsel melakukan tes urine terhadap 10 pasang pilot dan kopilot dari maskapai Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya, Merpati Nusantara Airlines, Trans Nusa, Wings Air, dan Ekspres Air. Dari pilot dan kopilot yang diperiksa itu, hanya 1 yang terindikasi positif menggunakan narkoba. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.