Sukses

4 Hari Jelang Lebaran, Jalur Keluar Tol Cikopo Padat

Antrean kendaraan pun mengular hingga sepanjang 3 Km menuju pintu tol.

H-4 Jelang Idul Fitri, arus lalu lintas dari Pintu Tol Cikopo hingga ke simpang Jomin-Mutiara menuju jalur utara Jawa Barat terpantau padat. Antrean kendaraan pun mengular hingga sepanjang 3 Km menuju pintu tol.

Pantauan Liputan6.com hingga Minggu (4/8/2013) siang, 14.006 kendaraan roda empat sudah memadati ruas jalan. Rata-rata tiap 30 menit, terjadi pertambahan jumlah mobil sebanyak 483 kendaraan.

Meski demikian, lonjakan kendaraan mudik yang cukup terasa berasal dari pemudik yang menggunakan sepeda motor. Menurut Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Rusdi Hartono, sejak pukul 06.00 WIB arus lalu lintas sepeda motor memenuhi ruas jalan Cikalongsari.

"Sejak pagi tadi sudah ramai. Motor dari Jakarta datang terus-menerus," ucap Rusdi di Posko PAM Cikopo, Cikampek, Jawa Barat, Minggu (4/8/2013).

Sementara, di rute Tanjung Pura sampai Karawang yang menjadi jalur masuknya sepeda motor menuju jalur utara Jawa Barat, tercatat sudah 33.788 motor yang masuk ke Jalan Cikalongsari, Karawang. Rata-rata tiap 30 menitnya, jumlah sepeda motor mencapai 958 motor.

Kepadatan tersebut sesuai dengan perkiraan Kapolri Timur Pradopo, dalam kunjungannya Sabtu 3 Agustus. Ketika itu, ia menyatakan hari Minggu akan menjadi puncak arus mudik.

Dalam kesempatan itu, Timur juga mengatakan persiapan yang sudah dilakukan harus sejalan dengan instruksi Presiden SBY.

"Sesuai instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, arus mudik tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin," ujar Kapolri Timur Pradopo di Cikampek, Jawa Barat. (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.