Sukses

Gempa 5,5 SR Guncang Nabire, Tak Berpotensi Tsunami

Guncangan gempa tersebut merupakan kedua kalinya terjadi pada akhir pekan ini.

Gempa kembali mengguncang Nabire, Papua. Guncangan gempa berkekuatan 5,5 SR terjadi pada Minggu malam dan tak berpotensi menimbulkan tsunami. Guncangan gempa tersebut merupakan kedua kalinya terjadi pada akhir pekan (sabtu dan Minggu) ini.

"Gempa 5,5 SR pada pukul 20:00:24 WIB," ungkap Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Minggu (21/7/2013).

Menurut informasi yang disampaikan Sutopo, lokasi gempa berada pada koordinat 3.58 Lintang Selatan dan 135.40 Bujur Timur atau 26 km Barat Daya Nabire, papua. Dengan pusat gempa berada pada kedalaman 26 Km.

Lokasi gempa tersebut hampir sama dengan lokasi gempa 5,3 SR yang terjadi pada Sabtu 20 Juli pukul 23.48 WIB.

Sejauh ini, posko BNPB telah melakukan konfirmasi ke BPBD Nabire dan kesatuan TNI di Nabire. Belum ada informasi kerusakan bangunan dan korban, akibat gempa ringan yang dirasakan selama kurang lebih 4 detik.

Aktivitas masyarakat pun masih berjalan normal. Namun BPBD tetap melakukan pemantauan.

Meningkatnya kejadian gempa di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir hendaknya disadari bahwa wilayah Indonesia memang rawan gempa. Gempa juga tidak dapat diprediksi. Sifat gempa quick on set (terjadi mendadak) dan tanpa disertai tanda-tanda.

Sumber gempa berasal dari sesar di darat, zona subduksi di laut dan di ridge di tengah samudera.

Masyarakat selalu diimbau untuk waspada. Begitu merasakan guncangan gempa, segera keluar rumah dan mencari tempat yang aman. Bukan gempanya yang ditakutkan, tapi bangunan yang roboh yang menyebabkan timbulnya korban. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini