Sukses

81 Napi Lapas Tanjung Gusta yang Kabur Dibekuk

"Lapas sudah normal, tahanan kabur yang diburu sebanyak 212 orang. Dan yang sudah ditangkap 81 napi," kata Kapolres Medan Kombes Nico.

Pasca Kisruh Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IA Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara, situasi malam ini cukup kondusif. Dari 212 tahanan yang kabur telah diamankan sekitar 81 orang.

"Lapas sudah normal, tahanan kabur yang diburu sebanyak 212 orang. Dan yang sudah ditangkap 81 napi," kata Kapolres Medan Kombes Nico Afinta, kepada Liputan6.com di Medan, Sumut, Jumat (12/7/2013).

Ia menjelaskan saat ini ribuan tahanan telah ditempatkan ke bloknya masing-masing pascakerusuhan tersebut.

"Lapas saat ini sudah normal tahanan sudah masuk kurang lebih dihitung jumlahnya 2.384 orang," imbuh Nico.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk membantu memberikan informasi bila menemukan orang yang dicurigai. Terlebih masih banyak narapidana kabur yang masih diburun.

Saat ini, kawasan di sekitar komplek Lapas Tanjung Gusta, dijaa ketat aparat TNI dari kesatuan Yonif 100 Banteng Raider, Kodam Bukit Barisan. Aparat kepolisian dan Brimob juga berjaga-jaga di lapisan kedua dari komplek lapas tersebut.

Di lokasi kejadian juga belum terlihat garis polisi atau police line. Tim dari forensi polri juga belum melakukan olah TKP. Para tahanan mengaku enggan untuk olah TKP. (Sul/Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.