Sukses

KPU: Ganjar-Heru Resmi Menang Pilkada Jateng

Pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko resmi dinyatakan memenangi Pilkada Jateng meraih kursi gubernur-wagub.

Pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko resmi dinyatakan memenangi Pilkada Jateng meraih kursi gubernur-wagub dengan total perolehan suara 6.962.417 atau 48,82 persen. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah, menetapkan pasangan Ganjar-Heru sebagai pemenang dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara di Aula I Kantor KPU provinsi setempat di Semarang, Selasa (4/6/2013).

Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo menduduki urutan kedua dengan 4.314.813 suara atau 30,26 persen, sedangkan Hadi Prabowo-Don Murdono berada di posisi terakhir dengan 2.982.715 suara atau 20,92 persen.

Pasangan Ganjar-Heru yang diusung PDI Perjuangan ini menang di 29 kabupaten/kota. Mereka memperoleh suara terbanyak di Surakarta, Banyumas, Boyolali, Klaten, dan Brebes.

Ganjar-Heru kalah di 6 wilayah, yakni Demak, Kendal, Cilacap, Grobogan, Batang. 6 Wilayah tersebut didominasi Bibit-Sudijono. Sedangkan Hadi-Don kalah di 35 kabupaten/kota di Jateng.

Ketua KPU Jateng Fajar Subhi memastikan tidak ada pihak yang memprotes keputusan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Jateng ini. Kendati demikian, KPU menyediakan waktu 3 hari untuk memberi kesempatan kepada sejumlah pihak yang berkeberatan dengan hasil rekapitulasi penghitungan suara ini.

KPU Jateng akan menyerahkan surat keputusannya ini ke DPRD Jawa Tengah Selasa pekan depan, 11 Juni 2013. (Ant/Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini