Sukses

Dian Krishna Putri Indonesia 2003

Liputan6.com, Jakarta: Wajah Dian Krishna berseri-seri. Senyumnya mengembang di tengah gemuruh tepukan penonton yang memadati Teater Tanah Airku Taman Mini Indonesia Indah, Jumat (25/7) malam. Dia terlihat gembira setelah mengetahui terpilih sebagai Putri Indonesia 2003 menggantikan Melanie Putria Dewitasari dari Sumatra Barat.

Dian Krishna adalah wakil dari Provinsi DKI Jakarta. Lulusan pascasarjana ilmu komunikasi dari sebuah universitas di Australia ini harus bersaing dengan 33 finalis dari 30 provinsi, sebelum akhirnya dinobatkan sebagai Putri Indonesia 2003. Selain fasih berbahasa Inggris, Dian juga dinilai mampu menjawab pertanyaan dewan juri dengan jawaban-jawaban yang "cerdas".

Ketua dewan juri Kusumadewi menilai, Dian terlihat amat menonjol. Saat menjawab berbagai pertanyaan yang disampaikan, Dian juga tampak yakin dan percaya diri. "Ia memberi jawaban yang cukup bagus dan memuaskan para juri," kata Kusumadewi dari Yayasan Putri Indonesia. Selain Kusumadewi, perancang busana Ramli, artis Maudy Kusnaedi, dan anggota DPR Yasril Ananta Baharuddin juga tampil sebagai dewan juri. Mereka mengajukan berbagai pertanyaan, seperti masalah sosial, kepribadian, ekonomi, dan pengetahuan umum.

Proses terpilihnya Dian sebagai Putri Indonesia bukanlah perjalanan singkat. Setelah lolos dari 34 besar, karyawan sebuah televisi swasta ini harus bersaing dengan finalis lain dalam babak sepuluh besar, lima besar, dan tiga besar. Bahkan, menurut Kusumadewi, pemilihan Putri Indonesia kali ini terbilang sangat alot. Sebab, masing-masing finalis memiliki wawasan dan kecerdasan hampir merata.

Namun setelah dinilai dewan juri, Dian akhirnya terpilih sebagai Putri Indonesia. Dia menyisihkan dua rival kuatnya, yakni Siska Amelia dari Kalimantan Barat (runner-up I) dan Melissa Yasmin Kapitan asal Maluku (runner-up II). Atas penobatan ini, Dian berhak mendapat fasilitas rumah dinas, mobil dinas, dan uang Rp 25 juta. Selama setahun dia juga akan dikontrak untuk menjadi duta bangsa dalam bidang pariwisata dan kemanusiaan di forum internasional.

Dalam acara Pemilihan Putri Indonesia yang juga disaksikan Miss Universe Amelia Vega dari Republik Dominika, Ratu Tiara Khadijah Habibie (Gorontalo) dinobatkan sebagai putri busana daerah terbaik. Sedangkan Fallia Rima Alamsyah (Lampung) terpilih sebagai putri favorit pilihan pemirsa berdasarkan short messages service yang masuk ke panitia.(ULF/Syaiful Halim dan Eko Purwanto)
    Loading