Sukses

Tiga Rumah dan Motor Terimbas Longsor Usai Hujan Deras di Depok

Hujan deras yang terjadi sejak Senin (8/7/2024) sore hingga malam, menyebabkan dua rumah terdampak longsor di wilayah Cipayung, Depok.

Liputan6.com, Jakarta Hujan deras yang terjadi sejak Senin (8/7/2024) sore hingga malam, menyebabkan dua rumah terdampak longsor di wilayah Cipayung, Depok.

Bahkan dua buah sepeda motor sempat tertimpa longsoran dan kini telah dilakukan penanganan dari Pemerintah Kota Depok.

 Ketua RT4/11 Cipayung, Mulyadi mengatakan, kejadian longsor terjadi pada Senin (8/7/2024) sekitar pukul 19.30 WIB. Saat mendapatkan kabar longsor, Mulyadi langsung bergegas mendatangi lokasi untuk melihat langsung warga terdampak longsor.

 “Ada tiga rumah terdampak namun yang paling parah terdapat satu rumah,” ujar Mulyadi, Selasa (9/7/2024).

Hujan deras menyebabkan material tanah longsor dan mengenai rumah yang berada di bawahnya. Kejadian longsor tidak hanya terjadi kali ini, beberapa waktu lalu di lokasi yang sama mengalami musibah longsor.

 “Sebenarnya ini longsor kedua, sebelumnya tahun 2000-an lah kurang lebih,” ucap Mulyadi.

Mulyadi mengakui, lokasi yang kini longsor sebelumnya telah dilakukan penurapan secara mandiri. Pada saat kejadian tidak terdapat warga yang menjadi korban jiwa maupun luka, hanya sisi depan rumah yang tertimpa material longsor.

“Alhamdulillah nggak ada korban,” terang Mulyadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

DPUR Langsung Turun

Sementara, Camat Cipayung, Hasan Nurdin mengatakan, dua rumah warga yang tertimpa material longsor telah ditangani Pemerintah Kota Depok, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok.

Petugas bersama kepolisian ikut membantu penanganan longsor.

“Tadi malam tim dari tanggap bencana langsung turun dan tadi pagi sudah dilaksanakan penanganan DPUPR,” ujar Hasan saat dihubungi Liputan6.com.

 

3 dari 3 halaman

Sudah Dilaporkan

Hasan menjelaskan, longsor disebabkan pergerakan tanah saat terjadi hujan deras. Selain itu, bangunan turap dan pagar disekitar rumah warga merupakan bangunan lama, sehingga saat terjadi musibah mengalami kerusakan.

“Iya dua rumah warga terdampak dan sepeda motor terbawa longsor,” jelas Hasan.

Hasan menuturkan, Pemerintah Kota Depok telah melakukan penanganan dan membuat turap sementara, untuk mencegah longsor susulan. Pada bagian turap dibuatkan cerucuk dan pemasangan terpal.

“Kita sudah laporkan kejadian ini untuk dilakukan penanganan sementara dan rencana lanjutan,” pungkas Hasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini