Sukses

Wapres Ma'ruf Amin Bakal Salat Iduladha dan Kurban di Masjid Istiqlal Jakarta

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin akan menunaikan salat Iduladha di Masjid Istiqlal, Jakarta. Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Wapres Masduki Baidlowi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin akan menunaikan salat Iduladha di Masjid Istiqlal Jakarta. Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Wapres Masduki Baidlowi.

"Iduladha 1445 Hijriah nanti, insya Allah, Wapres Prof KH Ma'ruf Amin dan Ibu Wury akan salat Ied di Masjid Istiqlal," tutur Jubir Masduki, dalam keterangannya, Jumat (14/06/2024).

Menurut Masduki, usai melaksanakan salat Ied, Wapres Ma'ruf Amin rencananya akan menyerahkan secara langsung seekor sapi kurban kepada Imam Besar Masjid Istiqlal.

"Terkait kurban, secara simbolik Wapres akan menyerahkan sapi jantan yang tidak jauh berbeda dengan sapi kurban milik Presiden Joko Widodo, kepada Imam Besar Masjid Istiqlal setelah salat ied," ucap dia.

Bukan hanya di Masjid istiqlal, lanjut Masduki, Ma'ruf Amin juga menyalurkan sapi kurbannya ke masjid-masjid lain dan pesantren di beberapa daerah.

"Selain itu, ada sejumlah ekor sapi yang di salurkan ke masyarakat melalui masjid dan pesantren di daerah," pungkasnya.

Sebagai informasi, Ma'ruf berkurban sapi jenis Limosin dengan berat sekitar 1.164 kg di Masjid Istiqlal. Saat ini, sapi tersebut telah berada di kompleks Istiqlal untuk nanti diserahkan secara langsung oleh Wapres di hari Iduladha.

Ada pun di lokasi lain, Wapres Ma'ruf Amin juga berkurban sapi berjenis Limosin dan Simental dengan kisaran berat 750 hingga 900 kg.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

842 Ribu Kendaraan Bakal Tinggalkan Jabotabek di Libur Panjang Iduladha 2024

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk prediksi sebanyak 842.227 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada periode libur panjang Hari Raya Iduladha 2024. Angka itu terkumpul dalam periode perjalanan selama lima hari, yakni sejak Jumat, 14 Juni 2024 hingga Selasa, 18 Juni 2024.

Total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini diprediksi naik 25,53 persen jika dibandingkan lalin normal, sebanyak 670.913 kendaraan.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) utama, yakni GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung).

Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani menjelaskan, pihaknya prediksi puncak kendaraan meninggalkan Jabotabek akan terjadi pada hari Sabtu (15/6/2024), dengan jumlah lalin sebesar 195.966 kendaraan atau naik 32,94 persen terhadap lalin normal.

"Dengan melihat peningkatan volume kendaraan yang akan meninggalkan wilayah Jabotabek tersebut, Jasa Marga memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol Jasa Marga Group berjalan dengan optimal," ujar dia, Kamis 13 Juni 2024.

"Terutama di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan saat libur panjang di antaranya Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Cipularang untuk ke arah Trans Jawa dan Bandung serta Jalan Tol Jagorawi untuk yang menuju arah Puncak dan sekitarnya," urainya.

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ketiga arah, mayoritas sebanyak 409.536 kendaraan (48,63 persen) bakal menuju arah timur (Trans Jawa dan Bandung). Sedangkan 239.746 kendaraan (28,47 persen) menuju arah barat (Merak), dan 192.945 kendaraan (22,91 persen) menuju arah selatan (Puncak).

Faiza meneruskan, Jasa Marga juga akan memastikan keberfungsian peralatan tol di gardu serta menambah jumlah petugas dan mobile reader untuk menambah kapasitas transaksi di gerbang tol utama.

 

3 dari 3 halaman

Jasa Marga Koordinasi dengan Kepolisian

Tidak hanya di gerbang tol, potensi terjadinya kepadatan di lajur pun diantisipasi dengan penempatan petugas di titik-titik rawan kepadatan untuk mempercepat penanganan gangguan kendaraan di lajur serta mengatur lalu lintas.

"Jasa Marga juga siap mendukung rekayasa lalu lintas atas diskresi Kepolisian seperti contraflow, dengan menempatkan petugas dan rambu-rambu pendukung. Kami juga memastikan layanan preservasi/pemeliharaan yang berjalan rutin berjalan optimal untuk menjaga kualitas jalan tol Jasa Marga Group dalam kondisi baik, termasuk menangani potensi gangguan kondisi jalan tol, khususnya ketika terjadi curah hujan tinggi, secara cepat dan tepat," imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk layanan di rest area, Jasa Marga menjaga fasilitas umum seperti toilet dan mushola beroperasi dengan baik dan optimal.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian jika dibutuhkan diskresi untuk melakukan buka tutup rest area dengan melihat kapasitas parkir yang tersedia," ujar Faiza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.