Sukses

Jokowi Buka Jakarta Fair 2024: Ini Event yang Ditunggu Warga Jabodetabek

Jokowi mengatakan Jakarta Fair sudah digelar selama 55 kali. Pada tahun 2023 lalu, Jakarta Fair Kemayoran dikunjungi oleh 6 juta pengunjung.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pembukaan Jakarta Fair 2024 di Jakarta Internasional Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2024).

Jokowi mengatakan Jakarta Fair merupakan event tahunan yang ditunggu oleh masyarakat Jabodetabek dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta.

"Jakarta Fair sebuah event yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jakarta, dan juga warga Jabodetabek serta Indonesia," kata Jokowi saat pembukaan, Rabu.

Menurut dia, masyarakat bisa mendapatkan hiburan sekaligus berbelanja dengan harga terjangkau di Jakarta Fair 2024. Tak hanya itu, Jokowi menyebut Jakarta Fair juga menyediakam berbagai kuliner, wahana permainan, hingga konser.

"Di Jakarta Fair di Pekan Raya Jakarta ini masyarakat bisa mendapatkan hiburan dan juga belanja dengan harga yang terjangkau, baik itu kuliner, beragam kuliner, juga ada di sini wahana permainan, ada parade karnaval, ada konser. Inilah yang menarik dari Jakarta Fair," jelasnya.

Jokowi mengatakan Jakarta Fair sudah digelar selama 55 kali. Pada tahun 2023 lalu, Jakarta Fair Kemayoran dikunjungi oleh 6 juta pengunjung.

"Artinya sudah sebuah event yang secara rutin diselenggarakan dari tahun ke tahun dan ini adalah yang ke-55. Dan tahun lalu dikunjungi lebih dari 6 juta pengunjung. Ini juga sebuah prestasi yang luar biasa karena dikunjungi 6 juta pengunjung lebih ke Jakarta Fair," tutur Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Didampingi Heru Budi

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi dan Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono akan hadir dalam pembukaan Jakarta Fair 2024 di Kemayoran, Jakarta Pusat pada Rabu (12/6/2024) malam ini.

Hal tersebut disampaikan Marketing Director PT Jakarta International Expo, Ralph Scheunemann dalam konferensi pers di Ruang media center Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2024) sore.

"Pak Jokowi akan hadir jam 7 malam dan secara resmi Jakarta fair akan dibuka oleh beliau," ujar Ralph.

Pantauan Liputan6.com, pada pukul 18.02 WIB area panggung utama Jakarta Fair telah dijaga ketat oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres). Area panggung utama pun sudah disteril.

Menurut Ralph pada pembukaan Jakarta Fair Kemayoran 2024 akan dimeriahkan juga dengan pesta kembang api dan pentas tari dan kesenian asli Betawi.

"Pak Jokowi akan membuka secara resmi. Nanti ada acara sendra tari disitu, ada pesta kembang api juga," kata Ralph.

Selain itu, kata Ralph sejumlah pejabat tinggi di lingkungan pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta akan turut hadir dalam pembukaan Jakarta Fair Kemayoran 2024.

"Ada pak Pj Gubernur Jakarta (Heru Budi Hartono) hadir, dan cukup banyak menteri kabinet yang hadir, pejabat tinggi negara akan hadir, Kapolri akan hadir (Panglima) TNI," pungkas Ralph.   

3 dari 3 halaman

4 Rute Baru Transjakarta Menuju Lokasi Jakarta Fair

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan sejumlah transportasi umum yang dapat digunakan masyarakat untuk menuju ke area Jakarta Fair 2024 yang akan dibuka mulai 12 Juni mendatang.

Pemprov DKI membuka empat rute khusus bus transjakarta yang menuju area Jakarta Fair, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Rute tersebut di antaranya:

• Rute PRJ 1 : Cilitan - JIEXPO Kemayoran

• Rute PRJ 2 : Matraman Baru - JIEXPO Kemayoran

• Rute PRJ 3 : Pulo Gadung 1- JIEXPO Kemayoran

• Rute 2 C : Balai Kota – JIEXPO Kemayoran

Kepala Biro Kerja Sama Daerah (Karo KSD) Pemprov DKI Jakarta, Marulina Dewi, mengatakan pihaknya memberikan dukungan penuh untuk Jakarta Fair 2024. Salah satu dukungannya dalam bentuk manajemen lalu lintas.

"Supaya pengunjung nyaman dan kita bekerja sama dengan Dinas Perhubungan. Kita siapkan 4 rute baru Transjakarta dan kita layani sampai pukul 00.00 WIB," kata Marulina di Gedung Niaga, JIExpo, Kamis (6/6).

Ia mengatakan, Jakarta Fair 2024 punya dampak ekonomi yang besar untuk Jakarta. Terbukti pada gelaran tahun lalu, perputaran uang di Jakarta Fair menembus Rp7,3 triliun. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.