Sukses

Pria Naik Sutet Bikin Heboh Kawasan Senen

Kawasan proyek Senen, Jakarta Pusat dihebohkan oleh seorang pria yang nekat naik tiang menara sutet.

Merasa dirugikan dengan adanya proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTPB), Fransisco, warga NTT nekat melakukan aksi protes dengan melakukan panjat tower listrik bertegangan tinggi di depan Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Aksi ini dilakukan setelah usaha untuk menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ditolak beberapa kali oleh Istana.

Pantauan Liputan6.com, Senin (15/4/2013), Fransiscus juga mengibarkan bendera merah putih di atas tiang menara sutet.  Terlihat sesekali, dia kelelahan, duduk di ujung sutet. Suasana lalu lintas di sekitar menjadi padat, karena banyak pengendara yang mampir sekadar melihat aksi pria itu.

Menurut salah satu warga, Sujatmiko, awalnya Fransiscus naik bersama seorang wanita. Kemudian setelah memasang spanduk protes wanita tersebut turun. Kini tinggal Fransiscus yang masih bertahan.  

Aksi ini dilakukan Fransiscus sejak Senin dini hari. Fransiscus mengaku mewakili warga kabupaten Ngada, NTT yang merasa dirugikan oleh adanya pembangunan proyek PLTPB yang dibangun di dekat permukiman warga.

Sejak adanya proyek PLTPB, rumah warga banyak mengalami retak dan ada warga yang mengalami gangguan pernafasan akibat polusi udara dari belerang yang keluar dari panas bumi.

Dari keterangan rekan pelaku, aksi ini sengaja dilakukan setelah beberapa kali mencoba menemui SBY untuk meminta ganti rugi, gagal akibat ditolak staf Istana.

Fransisco mengancam bersedia turun jika SBY mau menemuinya, guna membicarakan ganti rugi yang diderita warga sejauh radius 2 km dari PLTPB. (Riz)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini