Sukses

Jelang Penetapan Prabowo-Gibran, Kantor KPU Steril

Tim Media TKN memastikan Prabowo-Gibran akan hadir sekira pukul 09.30 WIB ke KPU dengan berjalan bersama dari Rumah Kertanegara, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Republik Indonesia (KPU RI) bakal menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi presiden dan wakil presiden terpilih di Pilpres 2024. Mengantisipasi keramaian massa pendukung di sekitaran kantor KPU RI, aparat kepolisian melakukan sterilisasi dan menutup Jalan Imam Bonjol pada kedua arahnya.

Pantauan di KPU pukul 09.00 WIB, terlihat ratusan aparat kepolisian sudah menutup jalan dengan pagar besi. Mereka yang hadir dibatasi dan hanya memiliki undangan khusus yang diizinkan masuk.

Terlihat Juri Ardiandotoro, mantan Ketua KPU RI juga dilarang masuk karena tidak membawa undangan. Diketahui, saat ini Juri aktif sebagai anggota dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Menurut Juri undangan sudah ada namun dibawa oleh timnya yang sudah masuk lebih dulu. Namun pengamanan ketat di pagar pembatas tetap melarang Juri masuk.

"Dipanggil dulu saja timnya, tidak ada undangan tidak boleh masuk begitu aturannya," kata anggota yang berjaga di lokasi.

Sebagai informasi dari Tim Humas KPU RI, agenda hari ini adalah rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih pada Pilpres 2024. Agenda dimulai sekira pukul 10.00 WIB.

Dikonfirmasi terpisah, Tim Media TKN memastikan Prabowo-Gibran akan hadir sekira pukul 09.30 WIB dengan berjalan bersama dari Rumah Kertanegara, Jakarta Selatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4.266 Personel Kawal Rapat Pleno Penetapan Presiden dan Wapres Terpilih Hari Ini

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar rapat pleno penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029 di Kantor KPU, Jakarta, pada hari ini Rabu (24/4/2024).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, sebanyak 4.266 personel dikerahkan ke lokasi untuk mengawal agenda penetapan KPU tersebut.

"Pengamanan di KPU ada sebanyak 4.266 personel," kata dia kepada wartawan, Rabu.

Susatyo mengatakan pihaknya telah menyiapkan skenario pengalihan arus lalu lintas di sekitar Komisi Pemilihan Umum (KPU). Masyarakat diharapkan untuk mencari jalan-jalan alternatif.

"(Jalan) Di Depan KPU ditutup," ucap dia.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) telah resmi memutuskan menolak permohonan dalam gugatan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa pilpres 2024 yang dilayangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Atas dasar itu, KPU menyatakan akan menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029 pada Rabu, 24 April 2024.

3 dari 3 halaman

Jelang Penetapan Presiden-Wapres Terpilih, Prabowo: Sudah Saatnya Kita Bersatu Kembali

Calon presiden (capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto menegaskan sudah saatnya semua pihak kembali bersatu dan bekerja sama demi kemajuan bangsa. Hal ini menyusul selesainya proses putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkair sengketa Pilpres 2024.

Pernyataan itu disampaikan Prabowo, selepas pertemuan dengan tim hukum TKN yang dikomandoi Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra bersama 45 advokat lainnya di MK.

"Sekarang saatnya kita bersatu kembali, rakyat benar-benar berharap kita untuk kita bersatu dan bekerja untuk rakyat,” kata Prabowo di rumah Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2024) malam.

Tidak lupa, Prabowo juga menyampaikan rasa terima kasih kepada tim hukum TKN. Karena berhasil memenangkan gugatan sengketa Pilpres 2024. Setelah jerih payah mereka membela dirinya dengan Gibran.

"Saya kumpulkan tim hukum Prabowo-Gibran yang berjuang di MK kurang lebih 51 orang dengan staf-stafnya. Saya ucapkan terima kasih intinya, terima kasih jerih payah, atas pekerjaan keras mereka. Alhamdulillah kita sudah berhasil di MK," kata Prabowo.

Atas keberhasilan itu, Prabowo pun bersama Gibran pun bersiap untuk menghadiri agenda penetapan presiden dan wakil presiden terpilih oleh KPU. Sebagai momen awal untuk dirinya mulai bersiap menyusun komposisi koalisi pemerintahan yang baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini