Sukses

Bandara Sam Ratulangi Manado Ditutup, AirNav Indonesia Terbitkan NOTAM

Dari penutupan sementara Bandara Sam Ratulangi Manado diperkirakaran jumlah penumpang yang terdampak sekitar 3182 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Pasca Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi pada Rabu (17/4/2024), dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut, 33 penerbangan terdampak. Bahkan pada hari ini, Bandara Sam Ratulangi Manado ditutup sejak pukul 08.00 WITA.

“Saat ini ada 33 penerbangan di Bandara Sam Ratulangi yang terdampak akibat letusan Gunung Ruang, yaitu 18 Keberangkatan dan 15 Kedatangan. Sejumlah 3 pesawat kargo dan selebihnya adalah pesawat penumpang," ungkap Direktur Operasi AirNav Indonesia Riza Fahmi.

Dari penutupan sementara Bandara Sam Ratulangi Manado diperkirakaran jumlah penumpang yang terdampak sekitar 3182 orang.

Lebih lanjut Fahmi menambahkan, AirNav telah mengeluarkan Notice to AirMen atau NOTAM, terkait ditutupnya Bandara Sam Ratulangi Manado dengan nomor: A1000/24 NOTAMR A0999/24, dan diperpanjang penutupannya sampai dengan 23.59 WITA Kamis 18 April 2024 dengan nomor NOTAM: A1003/24.

"Kami akan update lagi apabila sudah ada perkembangan lanjutan", ujar Fahmi.

Data yang didapatkan berdasarkan Citra satelit BMKG jam 01.30 UTC atau 09.30 WITA terdeteksi sebaran debu vulkanik yang menyebar di beberapa wilayah Sulawesi Utara. Hasil papertest yang dilakukan oleh tim Bandara Sam Ratulangi Manado teramati adanya abu vulkanik yang sampai ke permukaan.

"AirNav Indonesia akan terus bekerja sama dengan stakeholder terkait yaitu Angkasa Pura I, BMKG, dan Otoritas Bandara setempat untuk memastikan penerbangan di Manado dan sekitarnya aman terkendali", ujar Fahmi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejumlah Penerbangan Ditunda

Erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut pada, Selasa (16/4/2024), menyebabkan ribuan warga terpaksa mengungsi. Dampak lainnya adalah tertundanya sejumlah penerbangan.

Dari Bandara Sam Ratulangi Manado, pihak PT Angkasa Pura mengumumkan adanya penundaan sejumlah penerbangan dari bandara internasional itu pada Kamis (18/4/2024) pagi.

 Sedikitnya ada 3 penerbangan yang ditunda keberangkatannya yakni Garuda Indonesia tujuan Jakarta yang seharusnya berangkat pukul 07.50 Wita, Citilink tujuan Makassar yang seharusnya berangkat pukul 08.30 Wita, dan TransNusa tujuan Sorong yang seharusnya berangkat pukul 09.00 WIB.

GM PT Angkasa Pura I Bandara Samrat Manado Maya Damayanti melalui Humas Yanti Pramono saat dikonfirmasi Liputan6.com mengatakan, penundaan akibat erupsi Gunung Ruang itu dengan pertimbangan keselamatan.

"Iya, ada penundaan beberapa penerbangan. Ini sementara dikoordinasikan," ujarnya saat dikonfirmasi Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini