Sukses

Bupati Ipuk Apresiasi Nakes yang Bekerja Keras dan Tidak Libur Selama Periode Lebaran

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani mengecek langsung pelayanan kesehatan di Puskesmas Kertosari dan RSUD Blambangan.

Liputan6.com, Banyuwangi Usai libur dan cuti bersama Lebaran, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani mengecek langsung layanan kesehatan di Puskesmas Kertosari dan RSUD Blambangan. Selain layanan kesehatan, Ipuk juga mengecek layanan administrasi di Mal Pelayanan Publik (MPP).

Titik pertama yang dicek secara langsung oleh Ipuk adalah Puskesmas Kertosari. Di sana, Ipuk mengecek loket-loket pelayanan serta fasilitas yang ada.

"Setelah libur panjang, biasanya banyak warga yang mengurus berbagai keperluannya. Kami ingin memastikan warga terlayani dengan baik," kata Ipuk.

"Di hari pertama kerja ini, kami ingin mengecek secara langsung bagaimana layanan kesehatan, sekaligus menyapa para tenaga kesehatan. Kami mengapresiasi para nakes yang bekerja keras dan tidak libur selama arus mudik dan arus balik Lebaran," jelasnya.

Sebagai informasi, selama libur Lebaran 2024, Pemkab Banyuwangi menyiagakan 1.071 tenaga kesehatan untuk pelayanan kesehatan. Ribuan nakes itu bertugas di pos-pos pelayanan kesehatan yang dibuka di sepanjang jalur mudik dan tempat pariwisata serta sebagian bersiaga di beberapa puskesmas dan rumah sakit yang buka selama 24 jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lakukan Evaluasi

Titik kedua yang menjadi lokasi pengecekan langsung oleh Ipuk adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Blambangan Banywuangi. Di sana, Ipuk meninjau layanan kesehatan yang ramai akan pasien, pengunjung, dan pengantar.

Melihat hal tersebut, Ipuk meminta guna mengantisipasi padatnya pengunjung, akan dilakukan pembatasan jumlah pengantar atau pendamping. Hal tersebut dilakukan Ipuk karena satu pasien diantar atau didampingi oleh tiga orang bahkan lebih yang membuat situasi kurang kondusif.

"Selain memastikan layanan telah berjalan, ini juga untuk mengevaluasi. Seperti kami akan evaluasi terkait batasan jumlah pandamping, agar tidak terlalu padat di ruang tunggu, apalagi sekarang pelayanan sudah dibuka semua," ucapnya.

“Kami meminta masyarakat untuk membiasakan daftar online dan datang sesuai jadawal yang telah ada, biar tidak menumpuk seperti sekarang,” jelas Ipuk.

Selain itu, Ipuk juga mengecek langsung layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang merupakan jujukan masyarakat dalam mengurus beragam dokumen kependudukan dan perizinan. Dirinya pun menilai, layanan di MPP berjalan normal dan lancar usai libur dan cuti bersama Lebaran.

“Antrean memang banyak, maklum setelah Lebaran memang seperti ini. Biasanya dimanfaatkan orang luar kota yang mudik untuk mengurus dokumennya,” ujarnya.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini