Sukses

Melihat Puncak Arus Mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen yang Dipenuhi Orang Kembali ke Jakarta

Stasiun Pasar Senen tampak dipenuhi penumpang kereta api pada puncak arus balik Lebaran, Senin (15/4/2024).

Liputan6.com, Jakarta Stasiun Pasar Senen tampak dipenuhi penumpang kereta api pada puncak arus balik Lebaran, Senin (15/4/2024).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, tampak area kedatangan Stasiun Pasar Senen dipenuhi oleh penumpang yang baru tiba dan telah tiba di Jakarta.

Mereka langsung bergegas menuju area parkiran, dan beberapa duduk di kursi tunggu untuk rehat sejenak.

Menurut Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko diperkirakan terdapat 47.613 penumpang yang datang ke Stasiun DAOP 1.

"Ya, terdapat 47.613 penumpang yang datang. Jumlah tersebut masih dapat berubah," kata dia dalam keterangan tertulis.

Sama halnya dengan area kedatangan, area keberangkatan juga dipenuhi oleh penumpang.

Salah seorang penumpang memutuskan untuk berangkat mudik hari ini karena baru mendapatkan jatah libur.

"Karena baru dapat liburnya sekarang", ujar Sunarto di area tunggu.

Sementara itu, area parkiran stasiun tampak hampir penuh. Mobil datang silih berganti mengantar atau menjemput penumpang yang baru tiba.

Di sekitar area parkiran tampak mobil taktis Brimob dan ambulans yang disiapkan.

Di depan pintu masuk terdapat tenda Posko Siaga Lebaran 2024 untuk melayani penumpang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KAI Tambah KA Arus Balik Lebaran Yogyakarta-Jakarta

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah perjalanan relasi Yogyakarta-Jakarta pada periode arus balik lebaran 2024 ini. KA tambahan ini untuk periode keberangkatan mulai 16-18 April 2024.

VP Public Relation KAI Joni Martinus mencatat relasi Yogyakarta-Jakarta merupakan rute favorit pemudik. Kemudian, cukup banyak peminat pada relasi KA tersebut. Sebagai antisipasi kepadatan, KAI menambah perjalanan pada rute tersebut.

Adapun KA Tambahan relasi Yogyakarta - Gambir pp untuk angkutan Lebaran 2024 dengan jadwal keberangkatan 16-18 April 2024 untuk relasi Yogyakarta-Gambir dan keberangkatan pada 17-19 April 2024 untuk relasi Gambir-Yogyakarta.

"Penambahan perjalanan kereta api ini guna mengakomodasi masyarakat yang belum mendapatkan tiket kereta api untuk arus balik Lebaran 2024 pada relasi favorit Yogyakarta - Jakarta dan sebaliknya,” kata Joni dalam keterangan resmi, dikutip Senin (15/4/2024).

KA (KP 10555) Tambahan relasi Yogyakarta - Gambir jadwal keberangkatannya dari Stasiun Yogyakarta pukul 23.40 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 07.10 WIB.

Sementara itu, KA (KP 10574) tambahan relasi Gambir - Yogyakarta jadwal keberangkatannya dari Stasiun Gambir pukul 12.45 WIB dan tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 20.25 WIB.

Tiket sudah dapat dibeli mulai Minggu, 14 April 2024 di aplikasi Access by KAI dan seluruh channel penjualan tiket KA lainnya. Sementara itu loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

 

3 dari 3 halaman

Rincian KA

Kelas pelayanan pada KA Tambahan Yogyakarta – Gambir pp tersebut yaitu tersedia kelas eksekutif dan ekonomi. Stamformasi 1 rangkaiannya yaitu terdiri dari 5 kereta eksekutif stainless steel new generation dan 5 kereta ekonomi stainless steel new generation.

Untuk informasi lebih lanjut terkait KA Tambahan Yogyakarta – Gambir pp atau info terkait KAI lainnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

"Penambahan perjalanan kereta api ini merupakan bagian dari komitmen KAI guna mewujudkan Mudik Ceria Penuh Makna pada masa angkutan Lebaran 2024," tutup Joni Martinus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.