Sukses

Ingin Bertemu Jokowi dan Ucapkan Terimakasih, Pria Ini Berangkat Subuh dari Bandung ke Jakarta

Wawan mengetahui adanya open house di Istana Negara usai membaca sebuah artikel di media online. Dia pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk bertemu Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan masyarakat padati Kantor Kementerian Sekretaris Negara (Mensesneg) pada hari pertama Lebaran Idul Fitri 2024. Mereka hadir untuk bisa bertatap langsung dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Terpantau, antrean mengular hingga traffic light Harmoni, Jakarta Pusat. Salah satunya warga yang ikut mengantre adalah Wawan Dermawan (50) yang berasal dari Cicendo, Kota Bandung Jawa Barat.

Wawan mengetahui adanya open house di Istana Negara usai membaca sebuah artikel di media online. Dia pun tak menyia-nyiakan kesempatan itu.

Wawan berangkat mengendarai sepeda motor pada pukul 01.00 WIB. Dia tiba di Jakarta jelang adzan subuh. Wawan langsung menuju ke Masjid Masjid Istiqlal menunaikan salat subuh sekaligus salat Idul Fitri.

"Tadi abis dari sana langsung ke sini, pengen open house sama presiden," ucap dia ditemui di lokasi.

Menurut dia, ini momen yang sangat jarang. Karena, sejak Presiden menjabat baru dua kali mengadakan open house.

"Begitulah, jadi saya gak mau ketinggalan," ucap dja.

Wawan mengaku sudah sejak lama mengidolakan sosok jokowi. Yang menarik, adalah kepribadian dari mantan Wali Kota Solo itu.

"Orangnya humble dan sederhana," ucap dia.

Wawan mengatakan, akan mengabadikan momen pertemuan dengan presiden. Dia juga ingin menyampaikan terima kasih secara langsung kepada Jokowi yang telah berhasil membangun Indonesia.

"Saya bisa ketemu dan selfie terus ucapkan terimakasih sama Pak Jokowi," ucap dia.

Tak beda jauh, Andy juga demikian. Dia mengajak dua anak dan istri untuk ikut di acara open house Presiden Jokowi.

Andy datang dari Jatinegara usai melaksanakan salat Idul Fitri.

"Dari jam 9 tadi antrenya. Ini sama keluarga ada empat orang," ucap dia.

Andy mengetahui adanya open house dari televisi. Dia langsung meniatkan untuk bersilaturahmi dengan Jokowi.

Kebetulan, ia dan Joko Widodo satu kampung halaman. "Kita sama orang Solo," ucap dia.

Sama seperti Wawan, Andy juga menyanjung kepribadian Jokowi yang dinilai sangat sederhana. Hal itulah yang membuat mengidolakan sosok Jokowi.

"Orangnya sederhana. Saya ini selalu milih Pak Jokowi loh, kemarin pun saya juga milih beliau. Tapi melalui anaknya," ucap Andy.

Saat bertemu nanti, Andy juga akan mengabadikan momen itu. "Kami mau foto-foto dan bilang selamat, kalau ada waktu dan kesempatan mampir-mampir nanti ke Solo," dia menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antusiasme Warga Berangkat dari Subuh untuk Hadiri Open House Jokowi

Masyarakat tampak antusias untuk menghadiri open house Lebaran 2024 yang digelar oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara Jakarta, Rabu (10/4/2024). Bahkan, ada masyarakat yang rela berangkat dari rumahnya ke Istana sejak pukul 04.00 WIB subuh.

Masyarakat yang hadir tak hanya dari Jabodetabek saja, namun juga berasal dari sejumlah daerah. Mereka tak sabar untuk bersilaturahmi dan bertemu Jokowi di momen Lebaran 2024.

"Dari jam 4 subuh. Kita dari Jakarta Barat, Bekasi, Kwitang, Tangerang, dari Manado, dari Medan," kata salah satu warga yang sedang mengantre.

"Iya (mau salaman). Foto sekalian kalau bisa," sambungnya.

Dia bahkan mengungkapkan sudah bersiap-siap sejak jam 2 subuh untuk berangkat ke Istana. Dia berharap Jokowi dapat menjalankan tugas kenegaraan dengan baik di akhir masa pemerintahannya.

"Pak Jokowi semakin sehat selalu, semakin lebih lebih sayang kita," ucapnya.

Hingga saat ini, warga masih terus berdatangan ke Istana untuk halal bi halal dengan Jokowi. Acara open house ini dibuka secara terbuka untuk warga dan pejabat negara.

3 dari 3 halaman

Dibuka untuk Masyarakat Umum

Sebelumnya, open house di Istana Negara ini juga terbuka untuk masyarakat. Untuk itu, masyarakat diminta datang menggunakan baju rapi. 

Misalnya, memakai pakaian yang sopan, tak mengenakan celana jeans, serta memakai sepatu.

"Tentu saja di hari Idul Fitri ini di hari kemenangan ini semuanya kami yakin menggunakan pakaian bebas rapih, bernuansa muslim," ujar Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana kepada wartawan, Selasa (9/4/2024).

Acara open house ini akan dimulai pukul 09.00 WIB, usai Jokowi dan Ma'ruf melaksanakan salat Idul Fitri.

"Waktu open house dimulai sejak pukul 09.00 pintu akan dibuka, beliau siap terima kedatangan pukul 09.00," kata dia. 

Yusuf juga meminta masyarakat untuk datang lebih awal sebab acara open house tidak digelar sampai sore hari.

"Waktunya tidak sampai sore karena kita ada keterbatasan, sehingga mohon maaf apabila masyarakat yang hadir nanti tidak bisa semua masuk ke dalam, karena waktu tidak terlalu lama. Kami menyarankan bagi yang ingin hadir tentu saja lebih awal lebih baik," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini