Sukses

Open House Jokowi di Istana Dimulai Pukul 09.00 WIB, Warga Diminta Datang Lebih Awal

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin akan menggelar open house di Istana Negara Jakarta, pada hari pertama Lebaran 2024. Acara open house ini akan dimulai pukul 09.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin akan menggelar open house di Istana Negara Jakarta, pada hari pertama Lebaran 2024. Acara open house ini akan dimulai pukul 09.00 WIB, usai Jokowi dan Ma'ruf melaksanakan salat Idul Fitri.

"Waktu open house dimulai sejak pukul 09.00 pintu akan dibuka, beliau siap terima kedatangan pukul 09.00," kata Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana kepada wartawan, Selasa (9/4/2024).

Dia menyampaikan acara open house bersifat terbuka bagi pejabat negara dan masyarakat umum. Namun, Yusuf meminta masyarakat untuk datang lebih awal sebab acara open house tidak digelar sampai sore hari.

"Waktunya tidak sampai sore karena kita ada keterbatasan, sehingga mohon maaf apabila masyarakat yang hadir nanti tidak bisa semua masuk ke dalam, karena waktu tidak terlalu lama. Kami menyarankan bagi yang ingin hadir tentu saja lebih awal lebih baik," jelasnya.

Yusuf pun mengingatkan masyarakat memakai pakaian yang rapi saat menghadiri open house Jokowi di Istana Negara. Misalnya, memakai pakaian yang sopan, tak mengenakan celana jeans, serta memakai sepatu.

"Tentu saja di hari Idul Fitri ini di hari kemenangan ini semuanya kami yakin menggunakan pakaian bebas rapih, bernuansa muslim," ujar Yusuf.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Simulasi Persiapan Open House

Menurut dia, pihak Sekretariat Presiden bersama Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) telah melakukan simulasi dan persiapan open house. Pejabat negara dapat masuk melalui depan Istana Negara di Jalan Veteran Raya

Sementara itu, masyarakat yang hadir ke acara open house dapat masuk melalui pintu Sekretariat Negara di Jalan Majapahit. Pihak Istana telah menyiapkan tenda, makanan, dan minuman untuk masyarakat yang menunggu giliran bersalaman dengan Jokowi.

"Kita siapkan dengan tenda, kita berikan AC, makanan minuman untuk beliau-beliau menunggu, termasuk sampai alur salaman dengan Pak Presiden dan Ibu, Wakil Presiden dan Ibu. Begitu juga sampai kepulangan tamu tamu yang datang open house di Istana," tutur Yusuf.

3 dari 3 halaman

Jokowi-Iriana dan Ma'ruf Amin Akan Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana akan melaksanakan salat Idul Fitri 2024 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Wapres Ma'ruf Amin para pejabat negara, hingga duta besar negara sahabat juga akan menunaikan salat Idul Fitri di lokasi yang sama

"Rencananya Bapak Presiden dan Ibu, begitu juga Wapres dan Ibu, serta para pejabat, dan duta besar akan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal," kata Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/4/2024).

Dia mengatakan protokoler Istana telah melakukan sejumlah persiapan agar pelaksanaan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal dapat berjalan aman, nyaman, dan khusyuk. Yusuf juga memastikan pengisi imam sholat hingga pengisi ceramah untuk salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal sudah disiapkan.

"(Imam) sudah ada. Ceramah, khatib, isi khotbah semuanya sudah ada," ujarnya.

Menurut dia, beberapa menteri kabinet dan ketua lembaga negara juga direncanakan salat Idul Fitri bersama Jokowi-Ma'ruf di Masjid Istiqlal. Terlebih, ini momen Lebaran terakhir Jokowi sebagai presiden.

"Karena ini sepertinya semua akan kangen kembali untuk salat Idul Fitri berjamaah pasca pandemi ini semua sudah berjalan normal. Banyangan kami nanti para pejabat juga akan hadir banyak di Istiqlal," jelas Yusuf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.