Sukses

Damkar DKI Imbau Warga Cabut Regulator Gas hingga Periksa Instalasi Listrik Sebelum Mudik

Masyarakat diminta memperhatikan sejumlah anjuran sebelum mudik untuk mencegah kebakaran, di antaranya diimbau untuk memastikan kompor dalam keadaan mati dan mencabut regulator gas

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta, mengimbau masyarakat ibu kota untuk mengantisipasi potensi kebakaran kala meninggalkan rumah untuk mudik Lebaran 2024 ke kampung halaman.

Diketahui, mudik Lebaran menjadi momen yang selalu dinantikan bagi umat muslim untuk menyambut perayaan Idul Fitri. Namun, risiko kebakaran saat meninggalkan rumah dalam waktu yang lama seringkali terlupakan dan terabaikan.

"Menjelang Idul Fitri, konsentrasi masyarakat kini terfokus pada persiapan mudik. Pada saat meninggalkan rumah, potensi kebakaran bisa saja terjadi, jika masyarakat kurang mengantisipasi," kata Satgas Gulkarmat Gambir Nurulusianto, dikutip Minggu (7/4/2024).

Masyarakat diminta memperhatikan sejumlah anjuran sebelum mudik untuk mencegah kebakaran, di antaranya diimbau untuk memastikan kompor dalam keadaan mati dan mencabut regulator gas.

"Jangan lupa untuk mencabut selang regulator gas dan tutup rapat tabung gas kembali," ujarnya.

Lebih lanjut, masyarakat juga diminta untuk memeriksa instalasi listrik yang ada di rumah. Seluruh kabel dan peralatan listrik mesti tercabut dari steker.

"Serta pastikan semua sumber listrik aman dari benda yang mudah terbakar. Segera ganti peralatan listrik jika sudah terkelupas atau rusak," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pastikan Jendela Rumah Tertutup

Selain itu, Nurulusianto menyarankan, masyarakat meninggalkan rumah dalam keadaan jendela tertutup, lampu dimatikan, dan pintu rumah telah dikunci.

Bila perlu, titipkan rumah ke orang yang dapat dipercaya atau dapat melapor kepergian mudik ke petugas keamanan lingkungan atau pihak RT/RW setempat. Namun, jika memiliki hewan peliharaan sebaiknya segera menitipkan ke tempat penitipan hewan. "Jika terjadi kebakaran atau situasi darurat, segera hubungi Jakarta Siaga 112 atau datang langsung ke pos pemadam kebakaran terdekat. Layanan ini bebas pulsa dan gratis," kata dia.

"Petugas Pemadam Jakarta selalu siaga 24 jam untuk melayani Anda. Semoga mudik lebaran Anda berjalan dengan aman dan nyaman, serta terhindar dari bahaya kebakaran," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.