Sukses

Kapolri Ungkap Penyebab Kemacetan di Jalan Lintas Sumatera

Jalan Lintas Sumatera terpantau macet parah sepanjang 12 Km pada Jumat (5/4/2024) sore. Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo ungkap penyebabnya.

Liputan6.com, Jakarta Jalan Lintas Sumatera terpantau macet parah sepanjang 12 Km pada Jumat (5/4/2024) sore. Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo ungkap penyebabnya.

“Jadi khusus untuk wilayah Sumatera, khususnya wilayah Palembang sana itu ada potensi genangan air, sehingga kemudian ini menganggu proses pejalanan,” kata Listyo.

Kapolri mengungkapkan hal itu usai melepas keberangkatan masyarakat yang mengikuti program Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2024 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/2024).

Dia mengatakan, pihak kepolisian telah menyiapkan startegi mengatasi kemacetan lalu lintas di ruas jalan tersebut, khususnya selama arus mudik lebaran.

“Sehingga gangguan alam ini bisa teratasi,” ujar dia.

Listyo mengutarakan, salah satu cara yang dilakukan kepolisian dengan mengatur pola keberangkatan. Dia mengungkap, bakal ada pembagian jalur.

“Sementara kita atur mana yang kita berangkatan karena sempat dua arah, jadi kita buat pergantian. Ini juga kita arahkan supaya bisa teratasi,” tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Macet Panjang Menuju Pelabuhan Merak Masih Terjadi

Kemacetan panjang terjadi hingga kedalam tol Tangerang-Merak sejak Jumat malam, 5 April hingga Sabtu siang, 6 April 2024. Bahkan pemudik sudah terjebak macet selama berjam-jam.

"Salah satu pemudik dari Cikarang menuju Bengkulu, Agus mengaku sudah terjebak macet sejak pukul 06.00 WIB.

"Sudah hampir lima jam terjebak macet, dari sebelum gerbang Tol Cilegon Barat mulai macetnya," kata Agus ditemui di Gerbang Tol Merak, Sabtu, (06/04/2024).

Agus memilih mudik hari ini karena sudah mulai memasuki libur dan cuti Idul Fitri 1445 hijriah.

"Emang ini puncaknya, kayanya dua jam lagi belum tentu masuk pelabuhan kalau gini (macet) terus," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Macet Hingga Keluar Pelabuhan Merak

Berdasarkan pantauan pada Sabtu pagi, 6 April 2024, sekitar pukul 07.42 WIB, kemacetan terjadi di KM92 tol Tangerang-Merak. Selanjutnya, sekitar pukul 09.10 WIB, kemacetan di dalam tol berada di KM91-400.

Kemudian, pukul 11.25 WIB, kemacetan terjadi sampai KM90. Selanjutnya sekitar pukul 12.12 WIB, kemacetan terjadi hingga di KM94. Terbaru, sekitar pukul 13.00 WIB, ekor antrian di dalam tol Tangerang-Merak, berada di KM95.

Jika ekor kemacetan berada di KM90, maka ada sekitar 8 kilometer kemacetan di dalam Tol Tangerang-Merak. Selanjutnya, jika dihitung jarak antara GT Merak hingga Pelabuhan Merak sekitar 5km, artinya terjadi kemacetan hingga 13 kilometer diluar Pelabuhan Merak.

Macet panjang terjadi hingga keluar Pelabuhan Merak, bahkan sampai masuk kedalam Tol Tangerang-Merak.

Hal ini membuat Jalan Cikuasa Atas dijadikan kantung parkir kendaraan pemudik, sebelum masuk kedalam pelabuhan diujung barat Pulau Jawa itu.

"(Kemacetan di GT Merak) itu 500 meter sampai 700 meter," ujar Kompol Wiratno, Kepala Induk PJR Ciujung Korlantas Polri, saat dikonfirmasi, Sabtu, (06/05/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.