Sukses

Kemenhub Akan Berangkatkan Ribuan Peserta Mudik Gratis Gelombang Kedua dari Tanjung Priok Besok

Sebelum naik kapal, sepeda motor yang dibawa penumpang akan dilakukan verifikasi yang terdiri dari pemeriksaan dokumen pendaftaran, pemasangan stiker, pemeriksaan bahan bakar dan registrasi akhir.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberangkatkan 1.009 sepeda motor dan 2.457 masyarakat yang ikut mudik gratis dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara besok, Munggu (7/4/2024). 

"Mereka akan berlayar dengan tujuan akhir Semarang dengan KM Dobonsolo pada Minggu pukul 16.00 WIB," kata Pejabat KSOP Utama Tanjung Priok bidang Perkapalan dan Kelautan, Purnomo di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Capt. Antoni Arif Priadi akan melepas keberangkatan gelombang kedua mudik gratis tersebut.

Sebelum naik kapal, sepeda motor yang dibawa penumpang akan dilakukan verifikasi yang terdiri dari pemeriksaan dokumen pendaftaran, pemasangan stiker, pemeriksaan bahan bakar dan registrasi akhir.

"Verifikasi tersebut akan dilakukan di lapangan parkir pelabuhan," katanya seperti dikutip dari Antara.

Pihaknya mencatat sejumlah 2.037 penumpang dan 876 motor telah berangkat pada gelombang pertama keberangkatan mudik gratis dari Tanjung Priok kemarin.

Kemenhub juga mencatat ada 4.850 penumpang dan 2.078 sepeda motor terdaftar untuk berlayar bersama KM Dobonsolo dalam kedua gelombang keberangkatan mudik gratis dari Pelabuhan Tanjung Priok tersebut.

Sementara itu, Kemenhub mencatat sudah ada 4.785 calon penumpang dan 2.028 sepeda motor terdaftar untuk keberangkatan arus balik mudik gratis dari Semarang ke Jakarta pada 13 dan 15 April. 

Tercatat 2.362 calon penumpang dan 1.020 sepeda motor yang telah mendaftar untuk kepulangan 13 April. Sementara, 2.423 calon penumpang dan 1.008 sepeda motor terdaftar untuk kepulangan tanggal 15 April, katanya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menteri Perhubungan Berangkatkan 7.640 Pemudik dari Terminal Jatijajar Depok

Kementerian Perhubungan memberangkatkan pemudik yang ikut mudik gratis cerita pada Sabtu, (6/4/2024). Mereka diberangkatkan sebanyak 7.640 pemudik dari Terminal Jatijajar, Depok ke sejumlah kota di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, penyelenggaraan mudik gratis merupakan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah. Mudik gratis tidak hanya diselenggarakan Kementerian Perhubungan, BUMN dan kepolisian turut menyelenggarakan mudik gratis.

“Satu sisi mudik gratis pasti menolong ekonomi keluarga, jadi yang tadinya beli tiket sekarang uangnya bisa digunakan untuk yang lain,” ujar Budi, Sabtu (6/4/2024).

Budi menjelaskan, penyelenggaraan mudik gratis juga untuk mengurangi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Penyediaan mudik gratis menggunakan angkutan massal antar kota, dapat memberikan keselamatan kepada pemudik.

“Nanti di perjalanannya happy yang ceria ya, sopirnya jangan dimarahi tapi diingetin jangan buru-buru,” jelas Budi.

Plt Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, Suharto mengatakan, pergerakan masyarakat pada periode angkutan lebaran 2024, mencapai 193,6 juta atau mengalami peningkatan sebesar 71 persen dibadingkann periode 2023. Peningkatan tersebut berpotensi kepadatan lalu lintas termasuk pada simpul transportasi darat, laut, dan udara.

“Sesuai arahan dari Menteri perhubungan untuk melakukan kebijakan antisipatif, maka tahun 2024 ini Dirjen Perhubungan Darat mengalokasikan mudik gratis,” ujar Suharto.

Suharto mengungkapkan, mudik gratis pada tahun ini mengalami kenaikan sebesar 62,33 persen dibandingkan dengan 2023. Tahun lalu Dirjen Perhubungan Darat menyiapkan alokasi sebesar 23.072 pemudik dan tahun ini mengalokasikan 40.088 pemudik.

“Para pemudik diberangkatkan menuju 33 kota ataupun kabupaten di pulau Jawa dan sebagian di pulau Sumatera,” ungkap Suharto.

3 dari 3 halaman

Pemberangkatan Mudik Gratis dari 5 Titik

Keberangkatan mudik gratis yang menggunakan bus diberangkatkan dari lima titik Terminal Tipe A wilayah Jabodetabek, seperti Jatijajar Depok, Kampung Rambutan, Pulo Gebang, Poris, dan Pondok Cabe Tangerang Selatan. Untuk pemberangkatan di Terminal jatijajar Depok, diberangkatkan 186 armada bus.

“Untuk jumlah pemudik di Terminal Jatijajar mencapai 7.640 pemudik, untuk sepeda motor sebanyak 900 kendaraan diberangkatkan ke 5 lokasi di Jawa Tengah,” ucap Suharto.

Pada pemberangkatan sepeda motor, Dirjen Perhubungan Darat tidak mendapati pemudik yang membawa sepeda motor listrik. Meskipun sebelumnya Dirjen Perhubungan darat sudah mengeluarkan surat edaran nomor 3 tahun 2024 tentang tata cara melakukan pengangkutan motor listrik selama periode angkutan lebaran.

“Sampai saat ini belum ada Pemudik yang memberangkatkan motor listrik pada penyelenggaraan mudik gratis,” pungkas Suharto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.