Sukses

Top 3 News: Penjelasan KPU soal Server Sirekap Disebut Berada di China

Saksi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yudistira Dwi Wardhana menegaskan bahwa server Sirekap berada di Indonesia. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Saksi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yudistira Dwi Wardhana menegaskan bahwa server Sirekap berada di Indonesia. Itulah top 3 news hari ini.

Dosen ITB sekaligus pengembang Sirekap ini menjawab pertanyaan kuasa hukum Ganjar-Mahfud, Maqdir Ismail yang mempertanyakan lokasi server Sirekap.

Namun, ia mengakui bahwa tim pengembang Sirekap melakukan kesalahan ketika aplikasi tersebut baru diluncurkan ketika hari pencoblosan Pemilu 2024, yakni pada 14 Februari 2024.

Akibatnya, menurut Yudistira, Internet Protocol (IP) Indonesia yang asli menjadi terlihat, namun masalah itu bisa diselesaikan setelah mereka mendapatkan pinjaman IP.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal atau Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan, ada upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengincar kursi ketua umum Golkar dan PDIP.

Politikus PDIP Andreas Hugo Pareira menyatakan, Hasto tentu mengetahui upaya Jokowi mengingat Hasto selalu bertemu intens dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Bahkan, kata Andreas, tak hanya Sekjen melainkan para elite PDIP lainnya juga sudah mendengar hal tersebut. Menurut Andreas, banyak pihak tentu ingin kursi PDIP 1, mengingat keputusan ketum tak hanya mempengaruhi partai tapi juga negara.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait seorang wanita berinisial RAT (43) yang merupakan pemilik toko pakaian di Kabupaten Tangerang, Banten menjadi korban penusukan hingga tewas oleh sesama perempuan.

Peristiwa penusukan tersebut terjadi di sebuah toko pakaian milik korban di Jalan Raya Borobudur, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten pada Senin 1 April 2024.

Menurut salah seorang saksi yang merupakan warga sekitar mengatakan, kejadian berawal ketika pelaku datang mengendarai mobil berwarna putih bernomor polisi B 1568 CZE. Entah bagaimana mulanya, warga mendengar pelaku dan korban adu mulut atau cekcok di pelataran toko.

Senada, menurut Kasi Humas Polres Tangerang Selatan (Tangsel) AKP Muhammad Agil Sahril, sebelum ditemukan tewas, korban wanita berinisial RAT itu sempat terlibat cekcok dengan pelaku wanita inisial DN pada pukul 10.15 WIB, Senin 1 April 2024.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 3 April 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Penjelasan KPU soal Server Sirekap Disebut Berada di China

Saksi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yudistira Dwi Wardhana menegaskan bahwa server Sirekap berada di Indonesia.

Dosen ITB sekaligus pengembang Sirekap ini menjawab pertanyaan kuasa hukum Ganjar-Mahfud, Maqdir Ismail yang mempertanyakan lokasi server Sirekap.

Namun, ia mengakui bahwa tim pengembang Sirekap melakukan kesalahan ketika aplikasi tersebut baru diluncurkan ketika hari pencoblosan Pemilu 2024, yakni pada 14 Februari 2024.

Akibatnya, Internet Protocol (IP) Indonesia yang asli menjadi terlihat, namun masalah itu bisa diselesaikan setelah mereka mendapatkan pinjaman IP.

"Server yang disimpan di luar negeri tidak benar. Jadi gini, kami melakukan kesalahan pada detik-detik pertama launching Sirekap, sehingga IP Indonesia aslinya itu terlihat," ujar Yudistira dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Rabu 3 Maret 2024.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Politikus PDIP Soal Isu Jokowi Incar Kursi Megawati: Itu Bukan Hal yang Mengejutkan

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengungkapkan, ada upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengincar kursi ketua umum Golkar dan PDIP.

Politikus PDIP Andreas Hugo Pareira menyatakan, Hasto tentu mengetahui upaya Jokowi mengingat Hasto selalu bertemu intens dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

 “Saya kira Mas Hasto mengatakan mengetahui itu, sebagai seorang sekjen dekat dengan  ketua umum dan tiap hari bertemu,” kata Andreas di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu 3 April 2024.

Bahkan, kata Andreas, tak hanya Sekjen melainkan para elite PDIP lainnya juga sudah mendengar hal tersebut.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Tiga Fakta Terkait Kasus Penusukan hingga Tewas Wanita Pemilik Toko Pakaian di Tangerang

Seorang wanita berinisial RAT (43) yang merupakan pemilik toko pakaian di Kabupaten Tangerang, Banten menjadi korban penusukan hingga tewas oleh sesama perempuan.

Peristiwa penusukan tersebut terjadi di sebuah toko pakaian milik korban di Jalan Raya Borobudur, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten pada Senin 1 April 2024.

Menurut salah seorang saksi yang merupakan warga sekitar mengatakan, kejadian berawal ketika pelaku datang mengendarai mobil berwarna putih bernomor polisi B 1568 CZE. Entah bagaimana mulanya, warga mendengar pelaku dan korban adu mulut atau cekcok di pelataran toko.

"Pelaku cekcok dengan korban. Tapi enggak tahu persoalan apa. Dia cekcok, cakar-cakaran. Terus dipisahin abang ojol (pengemudi ojek online)," kata Amir saat ditemui di lokasi, Senin 1 April 2024.

Senada, menurut Kasi Humas Polres Tangerang Selatan (Tangsel) AKP Muhammad Agil Sahril, sebelum ditemukan tewas, korban wanita berinisial RAT itu sempat terlibat cekcok dengan pelaku wanita inisial DN pada pukul 10.15 WIB, Senin 1 April 2024.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.