Sukses

H-7 Lebaran, 130 Ribu Penumpang Padati Bandara Soekarno Hatta

Diprediksi pada hari puncak angkutan lebaran nanti, akan ada 188 ribu orang yang memadati Bandara Soetta. Hal tersebut terlihat dari banyaknya extra flight yang diajukan maskapai.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki H-7 lebaran, pergerakan penumpang mulai memadati Bandara Internasional Soekarno Hatta, Rabu (3/4/2024).

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, angka pergerakan penumpang pada hari inu menembus angka 130 ribu. Peningkatan jumlah penumpang tersebut, disebabkan lantaran mayoritas masyarakat memilih pulang ke kampung halaman lebih awal.

"Satu minggu jelang Lebaran 2024 hari ini di Bandara Soekarno-Hatta telah mengalami kenaikan pergerakan penumpang hingga 130 ribu orang dan 987 penerbangan pesawat," ujar Dwi Ananda.

Kepadatan tersebut terlihat di Terminal 1B, terdapat antrean di konter check-in keberangkatan domestik sejak pagi. Penumpang terlihat berjejer mengikuti antrean panjang bersama kerabat, hingga keluarganya masing-masing.

Puluhan petugas mulai dari Aviation Security (Avsec) hingga petugas maskapai penerbangan terlihat melayani penumpang untuk dapat menyimpan barang bawaan mereka ke dalam bagasi pesawat. 

Dwi Ananda mengungkapkan, diprediksi pada hari puncak angkutan lebaran nanti, akan ada 188 ribu orang yang memadati Bandara tersibuk di Indonesia tersebut.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya extra flight yang diajukan maskapai.

"Untuk saat ini ekstra flight di rute pesawat internasional ada 74 penerbangan dan untuk domestik ekstra flight sudah 1.473 ekstra flight," katanya.

Untuk mengamankan hal tersebut, pihaknya mengerahkan sekira 7.000 petugas gabungan mulai dari Aviation Security, TNI-Polri, hingga petugas yang berjaga di posko pelayanan terpadu.

"Secara total tidak kurang dari 7000 petugas di Bandara Soekarno-Hatta ini, sudah termasuk bko dari TNI-Polri yang kemudian nanti tambahannya ada personil administrasi yang ditempatkan untuk membantu di pos atau check point yang telah ditetapkan," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemudik Jalur Laut

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memperkirakan lalu lintas pemudik pada Lebaran 2024 menyentuh angka 2  juta orang.

Jumlah ini hampir menyamai realisasi jumlah pemudik melalui pelabuhan pada 2019 lalu yang mencapai 2,2 juta penumpang. Puncak arus mudik akan terjadi pada 6 April 2024 (H-4) Lebaran.

"Tahun ini kita prediksi sudah bisa maksimal 2 juta orang," kata Group Head Sekretariat  Pelindo Ardhy Wahyu Basuki kepada awak media di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

Sejumlah langka telah dipersiapkan Pelindo untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan maupun penumpang yang hendak menyeberang dengan menyiapkan sarana dan prasarana di pelabuhan Ciwandan sebagai alternatif pelabuhan Merak, Banten.

"Kita telah menyiapkan kantong parkir di pelabuhan Ciwandan untuk mengantisipasi kepadatan penumpang untuk kendaraan motor maupun lainnya," bebernya.

Hingga H-9 Lebaran 2024, Pelindo mencatat jumlah penumpang yang menggunakan layanan Terminal Penumpang Pelindo sebanyak 348.837 orang. Jumlah ini meningkat 4,25 persen dibanding tahun 2023. 

Sedangkan untuk arus kendaraan tercatat sebanyak 33.832 unit. Jumlah kendaraan ini meningkat 25,54 persen dibanding tahun 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.