Sukses

Serahkan Paket Sembako ke Warga, Kapolri Bicara soal Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membagikan 25 ribu paket sembako ke masyarakat melalui organisasi Persatuan Ummat Islam (PUI).

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membagikan 25 ribu paket sembako ke masyarakat melalui organisasi Persatuan Ummat Islam (PUI). Kegiatan tersebut dalam rangka menebar kebaikan di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024.

"Hari ini kita kembali bersilaturahmi dengan keluarga besar PUI dalam mensyukuri bulan suci Ramadhan, tentunya kita ingin berbagi kebahagiaan. Saya kira kita memiliki program yang panjang dengan PUI. Dan hari ini kita bersama-sama menyalurkan bantuan paket Ramadhan dalam bentuk semacam paket sembako," kata Listyo di DPP PUI, Jakarta Selatan, Selasa (2/4/2024).

Listyo mengungkapkan bahwa PUI dan Polri memiliki kesamaan visi dan misi, yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Oleh karena itu, Listyo menyatakan, Polri khususnya akan terus bersinergi baik PUI maupun organisasi kemasyarakatan lainnya demi mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

"Yang jelas kami ingin mendorong agar program-program yang sudah dicanangkan oleh PUI sebagai bagian dari ormas yang terus membangun kualitas SDM untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, tentunya bisa terwujud," ujar Sigit.

Di sisi lain, Listyo juga berharap kepada seluruh pengurus maupun anggota PUI yang melakukan perjalanan mudik Lebaran, diberikan keamanan, kelancaran, dan keselamatan.

"Sebentar lagi kita akan masuk kepada fenomena mudik dan tentunya kita mengharapkan seluruh keluarga besar PUI yang melaksanakan mudik bisa aman, lancar di jalan dan bertemu keluarga besarnya masing-masing dengan selamat. Dan tentunya membawa kebahagiaan untuk seluruh keluarga besar," ucap Listyo Sigit Prabowo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapolri Akan Cek Langsung Jalur Mudik di Jawa dan Bali, Pastikan Pemudik Terlayani dengan Baik

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan mengecek langsung kondisi infrastruktur di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali guna memantau persiapan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2024.

Rencana kunjungan itu disampaikan Kapolri Listyo usai menghadiri pembagian paket sembako di Aula DPP PUI, Pancoran, Jakarta Selatan pada Selasa (2/4/2024).

"Jadi dalam beberapa waktu ke depan ini kita akan mengecek langsung khususnya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan mungkin juga wilayah Bali. Mungkin ke Pelabuhan Gili Manuk dan bandara-bandara," kata Listyo di Jakarta Selatan, Selasa.

Listyo mengatakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi jumlah pemudik pada lebaran 2024 mengalami peningkatan hampir 56 persen.

Menyikapi hal ini, Polri bersama beberapa stakeholder akan meninjau jalur-jalur mudik, fasilitas penunjang, dan memetakan daerah-daerah yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Sehingga kita harapkan di tahun ini pemudik betul-betul bisa kita berikan pelayanan yang terbaik, sehingga masyarakat yang melaksanakan mudik dan balik walaupun jumlahnya jauh lebih besar, namun semuanya kita harapkan bisa terkelola dengan baik," ujar Listyo.

3 dari 3 halaman

Berharap Kemacetan Tak Berlansung Lama

Diakuinya, potensi kemacetan pasti ada pada saat arus mudik lebaran. Namun, dia berharap kemacetan tidak berlangsung lama.

Karena jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah mempersiapkan bermacam strategi untuk mengurai kepadatan kendaraan.

"Mudah-mudahan dengan rekayasa yang kita siapkan itu bisa membantu untuk mempercepat, menormalkan kembali ataupun mengurai potensi-potensi yang macet," ucap Kapolri Listyo Sigit Prabowo menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini