Sukses

Infografis Prabowo-Gibran Mulai Bahas Susunan Kabinet

Susunan kabinet mulai dibahas pasangan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Namun, Gibran menegaskan Prabowo yang akan menentukan susunan kabinet periode 2024-2029.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Presiden-Wakil Presiden terpilih Republik Indonesia periode 2024-2029 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mulai membahas susunan kabinet mendatang. Hal itu diakui Gibran setelah menggelar pertemuan dengan Prabowo di kawasan Jakarta Selatan, Jumat 22 Maret 2024.

Gibran menemui Prabowo di Jakarta usai keduanya resmi ditetapkan Komisi Pemilihan Umum atau KPU sebagai pemenang Pilpres 2024 pada Rabu 20 Maret 2024. Hanya saja, menurut Gibran, pembicaraan dengan Prabowo soal kabinet sudah lama dilakukan keduanya.

"Sudah dibicarakan dari kemarin-kemarin," kata Gibran di Jakarta, Senin 25 Maret 2024.

Kendati demikian, putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu enggan membeberkan secara detail mengenai pembicaraan mengenai kabinet Prabowo-Gibran. "Nanti, nanti ya."

Gibran yang saat ini menjabat Wali Kota Solo menekankan, penyusunan kabinet sebenarnya menjadi hak prerogatif Prabowo jika nantinya sudah menjabat sebagai presiden. Penegasan Gibran sekaligus menanggapi kabar Jokowi terlibat dalam penentuan kabinet pemerintahan mendatang. "Pak Prabowo yang akan menentukan ya."

Adapun Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengakui Prabowo dan Gibran sudah membicarakan soal proporsionalitas kabinet untuk pemerintahan yang akan datang. Dalam pertemuan tersebut, Gibran sekaligus menyampaikan pandangan mengenai susunan kabinet.

"Tapi itu baru awalan. Mas Gibran sampaikan pandangan, Pak Prabowo berdiskusi dengan wapresnya sesuatu yang bagus. Itu yang terjadi. Ya dibicarakan nama, portofolio, dan seterusnya. Tapi itu baru awalan saja," ujar Sekjen Gerindra tersebut di Jakarta, Rabu 27 Maret 2024.

Bagaimana ragam tanggapan lainnya mengenai Prabowo-Gibran mulai membahas susunan kabinet? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Prabowo-Gibran Mulai Bahas Susunan Kabinet

3 dari 3 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Prabowo-Gibran Mulai Bahas Susunan Kabinet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.