Sukses

Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam, Jokowi: Semuanya Akan Terus Diperbaiki PSSI

Jokowi mengatakan, kemenangan ini menunjukkan adanya perbaikan peringkat FIFA timnas Indonesia. Selain itu, kemenangan ini juga memperlihatkan perbaikan bertahap dan berkelanjutan dalam struktur sepak bola nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan rasa senangnya atas kemenangan telak tim nasional sepak bola Indonesia 3-0 atas Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F.

Dia meyakini semua rakyat Indonesia juga senang atas kemenagan Timnas Indonesia.

"Saya kira semua rakyat senang lah, bagaimana kita bisa menang di kandang lawan di My Dinh Vietnam dan dengan angka yang telak tidak terbalas 3-0," kata Jokowi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (27/3/2024).

Menurut dia, kemenangan ini menunjukkan adanya perbaikan peringkat FIFA timnas Indonesia. Selain itu, kemenangan ini juga memperlihatkan perbaikan bertahap dan berkelanjutan dalam struktur sepak bola nasional.

"Semua akan terus diperbaiki oleh PSSI yang dikomandani Pak Erick Thohir," ujarnya.

Jokowi sendiri menyempatkan menonton laga tersebut bersama sejumlah menteri dan perangkat melekat di hotel tempatnya bermalam di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, pada Selasa, 26 Maret 2024 malam.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gol Jay Idzes

Dalam laga yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam tersebut, skuad Garuda membuka keunggulan pada menit ke-9 lewat gol yang dicetak oleh Jay Idzes. Ia berhasil menanduk bola ke dalam gawang Vietnam memanfaatkan tendangan sudut Thom Haye.

Timnas Indonesia menggandakan keunggulan pada menit ke-23 melalui gol yang dilesakkan oleh Ragnar Oratmangoen. Ia menggiring bola masuk ke kotak penalti Vietnam, sebelum kemudian melepaskan tembakan keras dengan kaki kirinya. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Gol dari Ramadhan Sananta pada menit ke-90+8 melengkapi kemenangan bersejarah timnas Indonesia atas Vietnam. Sananta berhasil menyambar bola muntah dari sundulan Egy Maulana Vikri yang membentur tiang untuk menjebol gawang lawan.

3 dari 3 halaman

Kemenangan Pertama di Kandang Vietnam Sejak 20 Tahun Lalu

Ini merupakan kemenangan pertama timnas Indonesia di kandang Vietnam sejak 20 tahun lalu. Saat itu, skuad Garuda mengalahkan tuan rumah 3-0 pada fase grup Piala Tiger 2004, tepatnya pada 11 Desember 2004.

Usai laga, Jokowi pun langsung menelepon Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir untuk mengucapkan selamat.

"Selamat ya, sampaikan kepada yang lain,” ujar Jokowi dalam perbincangan via telepon tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah menang dari jajahan Amerika pada April 1975
    Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang pernah menang dari jajahan Amerika pada April 1975

    vietnam

  • PSSI