Sukses

Jokowi Resmikan RSUD Anutapura Palu, RS Pertama di RI yang Tahan Gempa

Jokowi menuturkan Anutapura Medical Center menjadi gedung rumah sakit pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi based isolation system. Dengan begitu, gedung tersebut mampu menahan daya seismik akibat gempa.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Gedung Anutapura Medical Center (AMC) RSUD Anutapura, Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa (26/3/2024).

Rumah sakit ini terdampak bencana gempa Sulteng pada 2018 lalu. Adapun rekonstruksi bangunan pasca-gempa yang dimulai sejak 2021 ini memakan anggaran Rp224 miliar.

"Segera kita resmikan rekonstruksi gedung Anutapura Medical Center RSUD Anutapura yang dilaksanakan dari tahun 2021 sampai tahun 2024 kita lihat gedung nya seperti ini," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (26/3/2024).

Dia menyampaikan gedung ini memiliki luas 19.000 meter persegi dan dilengkapi sejumlah fasilitas. Mulai dari, ruang IGD, ruang kebidanan, poliklinik radiologi, laboratorium, ruang rawat inap dan instalasi bedah sentral.

Jokowi menuturkan AMC menjadi gedung rumah sakit pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi based isolation system. Dengan begitu, gedung tersebut mampu menahan daya seismik akibat gempa.

"Tadi saya sudah diberikan gambarnya di bawah gedung ini ada kaya shockbecker jadi bisa lentur kalau terjadi gempa, tapi kita tidak mengharapkan adanya gempa," ucap dia.

Jokowi juga meresmikan rekontruksi UIN Datokarama di Palu yang dibangun tahun 2020 dengan biaya Rp139 miliar. Rekontruksi ini meliputi pembangunan di berbagai sarana belajar, gedung perkuliahan, student center, auditorium, fasilitas olahraga, serta fasilitas pendukung lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resmikan Hunian Tetap Pasca-Bencana

Selanjutnya, Jokowi meresmikan pembangunan hunian tetap dan infrastruktur permukiman pasca bencana yang telah dibangun sejak 2019 sampai 2024. Pembangunan ini menelan anggarap hingga Rp1 triliun.

"Rp5.000.000.000 yang meliputi pembangunan Hunian tetap sebanyak 3.724 unit senilai Rp483.000.000.000 serta infrastruktur permukiman senilai Rp571.000.000.000," tutur Jokowi.

Jokowi mengingatkan agar infrastruktur yang di sudah dibangun pasca-bencana ini dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dia berharap aktivitas masyarakat dan ekonomi masyarakat dapat berjalan normal kembali.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim gedung Anutapura medical center RSUD Anutapura Palu, yang kedua rekontruksi gedung kampus UIN Datokarama Palu, serta Hunian tetap dan infrastruktur permukiman pasca bencana di Sulawesi tengah sore hari ini saya resmikan," pungkas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini