Sukses

Top 3 News: Jubir JK Tegaskan Tak Ada Hubungan Keluarga Antara Jusuf Kalla dengan Kahar Muzakkar

Juru Bicara (Jubir) Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla, Hussein Abdullah mengklarifikasi video @KBNNusantara yang menyebut Jusuf Kalla adalah buyut dari Kahar Muzakkar Pemimpin DI/TII Sulawesi Selatan. Itulah top 3 news.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara (Jubir) Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla, Hussein Abdullah mengklarifikasi video @KBNNusantara yang menyebut Jusuf Kalla adalah buyut dari Kahar Muzakkar Pemimpin DI/TII Sulawesi Selatan. Itulah top 3 news hari ini.

Pria yang akrab disapa Uceng ini menyebut, akun @KBNNusantara telah menyampaikan informasi bohong. Ia juga menegaskan bahwa keduanya tidak memiliki hubungan keluarga.

Uceng menjelaskan, antara M Jusuf Kalla dengan Kahar Muzakkar berasal dari dua daerah yang berbeda, Jusuf Kalla berasal dari Bone sedangkan Kahar Muzakkar berasal dari Luwu Sulawesi Selatan.

Sementara itu, sebanyak 8 anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah mendatangani persetujuan untuk mendorong hak angket dugaan kecurangan Pemilu 2024 dibawa ke rapat paripurna DPR RI.

Hal tersebut seperti disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB Daniel Johan. Ia menjelaskan, hak angket merupakan bagian dari aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada wakil rakyat yakni anggota DPR RI.

Daniel sendiri mengaku tak tahu alasan partai lain belum mendatangani dorongan hak angket ini. Namun Daniel mengaku mendukung hak angket karena, hal itu bagian dari hak konstitusional setiap anggota DPR.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait orang-orang terdekat Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang ikut meramaikan kontestasi pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2024.

Setelah anak dan menantunya diisukan maju Pilkada 2024, kini dua sekretaris pribadi (Sespri) keluarga Jokowi akan mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

Sendi Fardiansyah yang merupakan Sespri Ibu Negara Iriana Jokowi menyatakan akan maju di Pilkada Bogor sebagai bakal calon Wali Kota Bogor 2024. Sendi bahkan sudah menemui Jokowi untuk meminta restu dan dukungan terkait pencalonannya di Istana Merdeka Jakarta, Senin 18 Maret 2024.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 20 Maret 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jubir JK Tegaskan Tak Ada Hubungan Keluarga Antara Jusuf Kalla dengan Kahar Muzakkar

Juru Bicara (Jubir) Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla, Hussein Abdullah mengklarifikasi video @KBNNusantara yang menyebut Jusuf Kalla adalah buyut dari Kahar Muzakkar Pemimpin DI/TII Sulawesi Selatan.

"Perlu meluruskan video @KBNNusantara ini mengarah pada fitnah serta pembunuhan karakter terhadap bapak M. Jusuf Kalla Wakil Presiden RI ke 10 dan 12," ucapnya dalam keterangan yang diterima, Rabu 20 Maret 2024.

Pria yang akrab disapa Uceng ini menyebut, akun @KBNNusantara telah menyampaikan informasi bohong. Ia juga menegaskan bahwa keduanya tidak memiliki hubungan keluarga.

"Perlu kami jelaskan bahwa tidak ada kaitan apalagi hubungan keluarga antara M. Jusuf Kalla dengan Kahar Muzakkar," kata dia.

Keduanya, kata Uceng, berasal dari dua daerah yang berbeda, Jusuf Kalla berasal dari Bone sedangkan Kahar Muzakkar berasal dari Luwu Sulawesi Selatan.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Delapan Anggota DPR dari PKB Sudah Tandatangani Persetujuan Hak Angket Kecurangan Pemilu 2024

Sebanyak 8 anggota dewan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah mendatangani persetujuan untuk mendorong hak angket dugaan kecurangan Pemilu 2024 dibawa ke rapat paripurna DPR RI.

"Kami sendiri sudah 8 anggota dari PKB yang menandatangani. Kami menunggu anggota lain, karena minimal harus 25 anggota dan dua fraksi baru bisa diusulkan dalam sidang paripurna," kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan, Rabu 20 Maret 2024.

Ia menjelaskan, hak angket merupakan bagian dari aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada wakil rakyat yakni anggota DPR RI.

"Sehingga menjadi tugas kewajiban konstitusional dari DPR RI untuk mendengarkan aspirasi tersebut, salah satunya adalah harapan dari rakyat, harapan dari masyarakat agar DPR bisa gunakan hak angket," ucap Daniel.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Dua Asisten Pribadi Jokowi dan Iriana Maju Pilkada 2024

Orang-orang terdekat Presiden Joko Widodo atau Jokowi ikut meramaikan kontestasi pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2024.

Setelah anak dan menantunya diisukan maju Pilkada 2024, kini dua sekretaris pribadi (Sespri) keluarga Jokowi akan mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

Sendi Fardiansyah yang merupakan Sespri Ibu Negara Iriana Jokowi menyatakan akan maju di Pilkada Bogor sebagai bakal calon Wali Kota Bogor 2024.

Sendi bahkan sudah menemui Jokowi untuk meminta restu dan dukungan terkait pencalonannya di Istana Merdeka Jakarta, Senin 18 Maret 2024.

"Alhamdulillah, hari ini, Senin 18 Maret 2024, saya diterima menghadap Bapak Presiden di Istana Merdeka untuk melaporkan hasil survei, kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu tahun belakangan; dan terakhir terkait dengan program yang akan kita laksanakan menyambut Pilkada Kota Bogor mendatang," kata Sendi dalam keterangannya, Selasa 19 Maret 2024.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.