Sukses

Jokowi Titip Salam untuk Cak Imin, Budi Arie: Untuk Persatuan

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, salam yang disampaikan Jokowi kepada Cak Imin merupakan upaya untuk persatuan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan salam kepada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin melalui dua menterinya. 

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, salam yang disampaikan Jokowi kepada Cak Imin merupakan upaya untuk persatuan Indonesia.

"Negara kita memang memerlukan persatuan nasional untuk menjadi negara maju. Jadi upaya apapun untuk membangun persatuan Indonesia persatuan masyarakat kita harus kita dukung penuh," kata Budi Arie, saat diwawancarai di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Saat ditanya, apakah salam tersebut sebagai sinyal agar PKB tak mengajukan hak angket kecurangan pilpres 2024 di DPR, Budi Arie mengatakan bahwa hak angket tak ada substansinya. Sebab, dia mengaku, Bawaslu sudah menyampaikan bahwa kecurangan yang terjadi lebih banyak terjadi di pemilihan legislatif (pileg).

"Gini, walaupun hak angket itu adalah hak nya, hak anggota DPR RI cuma substansinya apa? Kalau mau dibilang pemilu curang, saya sudah berdiskusi dengan bawaslu ada 270 temuan kecurangan, saya tanya yang paling banyak mana? Mereka bilang pemilu legislatif," imbuh dia.

Sebelumnya Presiden Jokowi disebut menitipkan salam untuk Cak Imin kala Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menyambangi Istana. Abdul Halim mengatakan Jokowi memberikan ucapan selamat ke PKB.

"Presiden juga memberikan ucapan selamat kepada kita dan sampaikan salam juga untuk ketua umum (PKB) Muhaimin Iskandar," kata Abdul Halim usai bertemu Jokowi, Senin (18/3/2024).

"Beliau merasa bagus lah kerja-kerja PKB karena sudah semakin merata suara PKB," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Titip Salam ke Cak Imin, PKB: Bukan Untuk Menggoda Terkait Hak Angket

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan salam kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin melalui dua menteri asal PKB yakni Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar.

Diketahui, dua menteri PKB Ida Fauziyah dan Abdul Halim Iskandar dipanggil ke Istana oleh Presiden Jokowi pada Selasa (19/3/2024). Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi pun menitipkan salam untuk Cak Imin.

Wasekjen Syaiful Huda pun menepis jika salam dari Presiden Jokowi untuk Cak Imin sebagai sinyal menggoda lantaran PKB tengah menggulirkan hak angket terkait kecurangan Pemilu 2024 di DPR.

"Kalau konteksnya menggoda saya kira enggak ya, karena hak angket terus bergulir," ujar Huda di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, (19/3/2024).

Bahkan, kata Huda, anggota fraksi PKB sudah ada beberapa yang menandatangi hak angket.

"Iya sudah jalan, teman-teman beberapa anggota fraksi sudah menandatangani itu, kemarin dimatangkan lagi ketika ketemu tiga sekjen, jadi kalau soal angket masih so far so good, ready PKB, termasuk NasDem dan PKS," imbuh Huda.

Huda menyebut, pertemuan kedua politikus PKB dengan Jokowi adalah hal yang wajar.

"Ya kalau Pak Halim, Mba Ida, ketemu Pak Jokowi ketemu presiden, ya kan memang anggota kabinet, artinya kalau mereka berdua ketemu bahas sesuatu sangat wajar," kata Huda.

Huda mengatakan, kedua politikus PKB tersebut memang anggota kabinet yang melaporkan terkait pileg di mana keduanya maju sebagai calon anggota legislatif pada pemilu kemari. 

"Pak Halim di dapil Jabar VII, Mba Ida di Jakarta, DKI I, itu aja sih. Terus beliau berdua melaporkan bahwa terpilih, gitu," sambung dia.

3 dari 3 halaman

Jokowi Titip Salam untuk Cak Imin, Apresiasi Pencapaian PKB di Pileg

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan salam kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin lantaran perolehan suara partainya naik signifikan. Jokowi mengapresiasi pencapaian yang diraih PKB.

Hal itu diungkap Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sekaligus kader PKB Abdul Halim Iskandar usai menemui Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta. Dia datang bersama Menteri Ketenagakerjaan yang juga Waketum PKB Ida Fauziah.

"Pak presiden juga memberikan selamat kepada kita dan menyampaikan titip salam juga kepada ketua Umum Pak Muhaimin Iskandar, dan ya beliau merasa baguslah pencapaian-pencapaian PKB karena sudah semakin merata suara PKB," kata Halim di Istana, Senin (18/3).

Halim mengaku, bahwa Jokowi tidak menitipkan pesan khusus kepada Cak Imin. Dia mengatakan, kepala negara hanya titip salam saja.

"Gak ada pesan apa-apa, cuma titip salam aja," kata Ketua DPW PKB Jawa Timur ini.

 

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Cak Imin