Sukses

Jokowi Akan Tambah Dokter Spesialis Jantung dan Stroke di RSUD Sibuhuan Sumut

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sibuhuan di Sumatera Utara memiliki 17 dokter spesialis, lebih dari standar yang hanya tujuh.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sibuhuan di Sumatera Utara memiliki 17 dokter spesialis, lebih dari standar yang hanya tujuh.

Namun, dia menilai dokter spesialis jantung dan stroke perlu diperbanyak.

"Ya (dokter spesialis) untuk jantung sama strok mungkin yang perlu ditambahkan. Nanti Pak Menteri Kesehatan ya (tindaklanjuti)," kata Jokowi saat meninjau fasilitas dan pelayanan kesehatan di RSUD Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara,  Jumat (15/2/2024).

Selain itu, dia mengidentifikasi beberapa kekurangan fasilitas kesehatan. Mulai dari, perlunya penambahan peralatan medis termasuk CT scan, mammografi, fasilitas kemoterapi, serta peningkatan kapasitas gedung dan ruangan.

"Ini yang akan kita perbaiki, kita bangun, kita intervensi. Saya kira bagus lah," .

Di samping itu, Jokowi juga memastikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat.

Dia melihat proses pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di RSUD Sibuhuan yang dinilai sudah baik.

"Saya ingin memastikan pelayanan rumah sakit di sini baik, dan saya lihat tadi di pendaftaran BPJS semuanya berjalan cepat," jelas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BPJS Bisa Digunakan

Pengguna BPJS Kesehatan, Indah Simanjuntak dan Agnes Situmorang menilai bahwa layanan BPJS sangat membantu pasien dalam proses rujukan dari puskesmas ke RSUD. Khususnya, dalam hal biaya kesehatan.

"Misalkan kalau kita bandingkan berobat ke swasta ya lebih mahal biayanya. Sementara pelayanannya tetap sama, tidak dibeda-bedakan. Tetap dapat obat yang bagus, dapat dokter yang bagus, jadi sama saja. Sangat membantu," tutur mereka.

3 dari 3 halaman

Jokowi Tinjau RSUD hingga Cek Stok Beras

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melanjutkan kegiatan kunjungan kerja di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Jumat (15/4/2024), dengan bertolak menuju Kabupaten Padang Lawas. Jokowi diagendakan meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sibuhuan hingga menyerahkan bantuan pangan untuk masyarakat.

Jokowi bersama rombongan lepas landas dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU sekitar pukul 07.15 WIB, melalui Pangkalan TNI AU Soewondo, Kota Medan.

Di Kabupaten Padang Lawas, dia akan meninjau RSUD Sibuhuan. Jokowi juga dijadwalkan meninjau persediaan beras dan menyerahkan bantuan pangan kepada masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.