Sukses

Golkar Gelar Munas Desember 2024

Airlangga menegaskan, Munas digelar pada bulan Desember 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Wacana Musyawarah Nasional atau Munas untuk pemilihan Ketua Umum Partai Golkar menjadi perbincangan hangat. Salah satu yang paling vokal dalam hal ini adalah Bambang Soesatyo, yang menjabat sebagai wakil ketua umum.

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto mengonfirmasi bahwa belum ada pembahasan mengenai Munas tersebut. Hal ini termasuk saat pleno rapat evaluasi Pemilu 2024 yang membahas tentang Pilpres dan Pileg.

"Tidak ada pembahasan mengenai Munas," jelas Airlangga saat ditemui dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Golkar, Anggrek Neli, Jakarta Barat, Minggu (10/3/2024).

Airlangga menegaskan bahwa Munas akan digelar pada bulan Desember 2024. Oleh karena itu, semua pembahasan mengenai Munas tidak dibahas dalam rapat pleno evaluasi Pemilu yang berlangsung.

"Munas akan dilaksanakan pada bulan Desember 2024," singkat Airlangga.

Setelah menyampaikan pernyataannya, Airlangga langsung menutup sesi konferensi pers. Ia kemudian melihat ke arah Bambang Soesatyo yang berada di sebelah kirinya sambil berjabat tangan dan saling berpelukan.

Keduanya terlihat tersenyum ketika ditanya tentang Munas oleh para awak media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bambang Soesatyo Ingin Maju

Bamsoet, dalam penjelasannya, mengungkapkan bahwa lima tahun yang lalu dia tidak memiliki kesempatan untuk ikut dalam Pemilihan Ketum Golkar. Hal ini dikarenakan dia ingin menjaga keutuhan partai.

"Dulu saya memilih untuk tidak mencalonkan diri dan memberikan kesempatan kepada Pak Airlangga untuk terus memimpin Partai Golkar," ungkapnya.

Namun, pada kesempatan kali ini, Bamsoet berharap Pemilihan Ketum Golkar dapat dilakukan tahun ini sehingga dia bisa mendaftarkan diri sebagai calon.

"Kali ini kita berharap agar pintu pencalonan terbuka, sehingga proses pergantian kepemimpinan dapat terjadi secara demokratis," harap pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) tersebut.

3 dari 3 halaman

Ada 4 Nama Potensial

Selain Bamsoet, ada 3 kandidat kuat dalam Pemilihan Ketum Golkar, yaitu Airlangga Hartarto, Agus Gumiwang, dan Bahlil Lahadalia.

"Banyak kandidat lain di Golkar," kata Bamsoet. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.