Sukses

Kronologi Speedboat Terbalik di Pulau Rambut Kepulauan Seribu, Dihantam Ombak Tinggi

Polisi berhasil mengevakuasi para penumpang dan ABK kapal speedboat KM Pari Kudus yang terbalik di perairan Pulau Rambut, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Senin sore.

 

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan transportasi laut terjadi di perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Sebuah kapal speedboat KM Pari Kudus terbalik saat berlayar di kawasan Pulau Rambut, Untung Jawa, Kepulauan Seribu pada Senin (11/3/2024).

Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Jarot Sungkowo mengatakan, insiden kapal speedboat terbalik ini terjadi pada sekitar pukul 15.30 WIB. Diduga kapal terbalik saat kondisi ombak laut sedang tinggi.

Saat itu, kapal yang berisi 30 penumpang dan tiga orang anak buah kapal (ABK) tersebut tengah menuju pelabuhan Pantai Mutiara, Jakarta Utara. Mereka mengangkut peumpang dari salah satu destinasi wisata di Kepulauan Seribu.

"Kapal Pari Kudus yang membawa penumpang ±30 orang tersebut sedang dalam perjalanan dari Asha Resort Pulau Payung menuju Pantai Mutiara dengan kondisi cuaca buruk," ujar Jarot dalam keterangan tertulis, Senin (11/3/2024).

Karena nekat berlayar dengan kondisi cuaca yang buruk, kapal tersebut pun mengalami kecelakaan lantaran dihantam ombak tinggi. "KM Parikudus diterjang ombak tinggi dan kapal terbalik," ucap Kapolres.

Kepolisian yang setempat yang menerima laporan langsung menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan proses evakuasi.

Polisi memastikan, tidak ada korban jiwa dalam insiden kecelakaan speedboat terbalik tersebut. "Alhamdulillah (33 orang) selamat semua," katanya.

 

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Speedboat Terbalik di Pulau Rambut

Sebelumnya diberitakan, sebuah kapal speedboat dilaporkan terbalik di perairan sekitar Pulau Rambut, Untung Jawa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta pada Senin (11/3/2024). Tim SAR bersama kepolisian turun tangan untuk mengevakuasi penumpang dan awak kapal.

Insiden kecelakaan di laut itu dibenarkan oleh Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Jarot Sungkowo.

"Iya benar (terbalik) karena ombak," kata Jarot saat dikonfirmasi awak media, Senin (11/3/2024).

Dia mengatakan, kepolisian saat ini sedang berupaya menyelamatkan penumpang yang ada di speedboat tersebut. Namun upaya evakuasi masih terkendala akibat ombak yang tinggi.

"Kami sedang evakuasi, terkendala ombak tinggi sekira 2 meter-2,5 meter," ujar dia.

Jarot berharap proses evakuasi berjalan lancar. Dia juga berharap seluruh penumpang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. "Semoga tidak ada korban jiwa, mohon doanya," kata Kapolres. 

Terpisah, Kasi Ops SAR Agung Priambodo menambahkan, pihaknya sedang menuju ke lokasi kejadian untuk membantu evakuasi penumpang.

"Iya (speed boat terbali) di sekitar Pulau Rambut. Ini kita juga lagi gerak ke sana," tandas dia.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini