Sukses

Cegah Kemacetan Mudik 2024, Korlantas Minta Perlintasan Sebidang Diperhatikan

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meminta jajarannya mengantipasi kepadatan kendaraan yang terjadi di perlintasan sebidang pada saat musim arus mudik-balik lebaran 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meminta jajarannya mengantipasi kepadatan kendaraan yang terjadi di perlintasan sebidang pada saat musim arus mudik-balik lebaran 2024.

Hal itu disampaikan Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Raden Slamet Santoso saat menggelar Tactical Floor Game di Hotel Borobudur, Rabu (6/3/2024).

Dia mencatat ada beberapa perlintasan sebidang di Jawa Barat, Banten, Palembang, Lampung. Bahkan, beberapa di antaranya tanpa dilengkapi palang pintu. Slamet menyebut, Jawa Timur menjadi penyumbang terbanyak.

"Jawa Timur paling banyak ada 90 lebih, di Banten ada, Jawa Barat juga ada, Jawa Tengah juga ada, termasuk Yogyakarta juga ada. Itu perlu diantisipasi terutama kecelakan lalu lintas dan kemacetan," ujar Slamet.

Slamet menerangkan, khusus di Palembang yang perlu diperhatikan perjalanan Kereta api batu bara rangkaian panjang. Menurut dia, jajarannya harus memikirkan cara agar tidak menimbulkan kemacetan panjang.

"Betul-betul dihitung, begitu sekali tutup bisa satu jam berhenti. Itu kan matiin mesin. Dihitung panjang mobil katakan 2,5 meter kali berapa waktu sudah berapa kilo panjangnya. Itu perlu diantisipasi," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Data

Slamet menyakini, Direktorat Lalu Lintas di tiap provinsi telah mengantongi data jumlah perlintasan sebidang yang ada di wilayahnya masing-masing. Karena itu, kata dia pastikan frekuensi frekuensi dari alur kereta api.

"Selama itu tidak antrian. Antrian kendaraan tidak menerobos pasti akan lancar dengan pengaturan-pengaturan di sepanjang perlintasan sebidang selama dia tidak menerobos tidak melanggar. Kalau melanggar akan terjadi stug tapi kalau dia tertib kita beri barikade sepanjang jalan perlintasan sebidang itu itu akan lancar," papar dia.

3 dari 3 halaman

Pasar Tumpah

Di sisi lain, Slamet juga menyoroti keberadaan pasar tumpah pada Ramadan dan lebaran. Dia meminta anggota juga mengambil langkah-langkah antisipasi.

"Kita harus buat bagaimana supaya pasar itu tidak tumpah. Caranya ya anggota hadir lebih dahulu. Kemudian bikin pagar di situ. Buat pagar dan sebagainya," tandas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.