Sukses

Komitmen Energi Hijau, Jokowi Naik Mobil Listrik Saat Lawatan ke Australia

Kerja sama di bidang kendaraan listrik menjadi salah satu isu yang dibawa Presiden Jokowi di forum KTT ASEAN-Australia yang digelar di Melbourne.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini tengah berada di Melbourne, Australia guna menghadiri Konfrensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN-Australia. Melihat dari tayangan kanal Youtube Sekretarian Presiden, kedatangan Jokowi pada Senin (4/3/2024) pukul 20.45 waktu setempat disambut hangat oleh sejumlah pejabat tinggi Australia.

“Tampak menyambut kedatangan Presiden Jokowi di bawah tangga pesawat adalah Asisten Menteri untuk Perdana Menteri Australia Patrick Gorman, Duta Besar Republik Indonesia di Canbera Siswo Pramono, dan Atase Pertahanan RI di Canbera Laksma TNI Yusliandi Ginting,” tulis keterangan dari kanal Youtube tersebut, seperti dikutip Selasa (5/3/2024).

Tampak mereka memberi salam dan hormat selepas Jokowi mendarat di bandara Jet Base.

Ada yang menarik dalam penyambutan ini, mengingat komitmen kedua negara terkait penjajakan di bidang energi hijau, Jokowi pun dijemput dengan sebuah mobil listrik BMW type iX.

Mobil itu disematkan pelat nomor khas KTT ASEAN-Australia dengan nomor 031 dan berbendera merah putih.

Temui WNI di Melbourne

Tak hanya itu, Jokowi juga menyempatkan diri untuk menyapa warga negara Indonesia yang tinggal di Melbourne yang sudah menunggu di hotel tempatnya menginap.

Maria, salah satu WNI di Australia mengaku senang dan bangga bisa berjumpa langsung dengan Presiden Jokowi.

“Saya bisa salaman, bisa cium tangan Jokowi, saya fans berat Pak Jokowi, he is amazing. He is a wonderful person, saya tahu tugasnya beliau berat sekali,” kata dia.

Senada dengan itu, Lisa yang juga seorang pelajar di Melbourne mendoakan supaya Jokowi terus sehat dan semangat di ujung masa baktinya. “Semoga bapak sehat selalu, jaya sealu pak,” ujar Lisa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Agenda Jokowi Selama di Australia

Selama di Melbourne, Presiden Jokowi diagendakan untuk menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Australia yang digelar dalam rangka merayakan 50 tahun kemitraan ASEAN-Australia.

Selain itu, Presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara-negara sahabat.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kali ini adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. 

3 dari 3 halaman

Kendaraan Listrik Jadi Topik Diskusi Indonesia dan Australia

Sebelumnya diberitakan, Jokowi mengatakan akan membawa sejumlah agenda untuk dibicarakan dalam pertemuan internasionalnya di Australia. Salah satunya terkait kendaraan listrik.

“Kerjasama di electric vehicle, kita akan dorong agar kerjasama ini terjadi dan dilaksanakan secepat-cepatnya,” ujar Jokowi saat ditanya awak media di Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Senin (4/3/2024).

Selain kerja sama kendaraan listik, Pada momentum 18 tahun hubungan Australia-ASEAN ini, Indonesia juga akan menyinggung soal digitalisasi dan sesuatu yang bersinggungan dengan hal tersebut. 

“Juga yang berkaitan dengan transformasi digital, saya kira arahnya ke sana,” jelas presiden.

Diketahui, tema yang diangkat dalam KTT kali ini adalah Partnership for The Future. Secara umum, pembahasan akan menyoal terkait kemitraan strategis komprehensif antara ASEAN dan Australia agar dapat lebih dioptimalkan guna mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai, stabil dan makmur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini