Sukses

Ratusan Tokoh dan Lembaga Dapat Baznas Awards 2024

Salah seorang penerima Baznas Award 2024 adalah Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin. Dia menerima penghargaan Bupati Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar acara Baznas Awards 2024. Baznas Awards ini merupakan bagian dari rangkaian acara Hari Ulang Tahun Baznas RI ke-23 yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Baznas memberikan 395 penghargaan kepada tokoh dan lembaga yang berperan dalam pengumpulan zakat seperti gubernur, bupati, hingga walikota.

Kategori penghargaan yang disematkan dalam Baznas Awards 2024 antara lain kategori kepala daerah pendukung zakat, kategori muzaki pendukung zakat, kategori perusahaan pendukung zakat, kategori BAZNAS provinsi dan kabupaten/kota, dan kategori LAZ.

Salah seorang penerima Baznas Award adalah Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin. Dia menerima penghargaan Bupati Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik.

"Iya jadi hari ini kita berterima kasih kepada Baznas Indonesia bahwa Kabupaten Trenggalek telah menerima penghargaan sebagai bupati pendukung pengelolaan zakat terbaik," ujar Arifin.

Arifin berharap untuk memaksimalkan wakaf untuk pemberdayaan ekonomi. "Nah harapannya ke depan untuk lebih tidak memprioritaskan dana zakat dan juga infaq, tetapi juga wakaf," kata dia.

"Kita ingin wakafnya dibesarkan kemudian untuk bisa dilakukan pemberdayaan ekonomi melalui wakaf produktif kepada para masyarakat yang berhak mendapat dana," sambung Arifin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencapaian Baznas

Dalam sambutannya Ketua Baznas Indonesia Noor Achmad menyampaikan pencapaian Baznas pada tahun 2023.

"Alhamdulillah setiap tahun tidak kurang kenaikan Zakat Infak Sedekah (ZIS) itu 30 persen. Tahun kemarin alhamdulillah sudah mengumpulkan Rp33 miliar yang sudah dicapai BAZNAS dan LAZ se-Indonesia. Kita targetkan tahun ini Rp41 triliun untuk BAZNAS dan LAZ se-Indonesia," kata Noor.

Ia juga menyampaikan agenda kemanusiaan yang telah dilakukan Baznas pada 2023. Di antaranya, yaitu menjalin aliansi strategis secara lintas negara dalam membela kemanusiaan di Gaza dan Palestina.

Noor menyampaikan, apa yang dicapai Baznas kali ini merupakan hasil kerja keras dari penyelenggara Baznas di tiap daerah.

"Kita semuanya mempunya konsentrasi baik untuk saudara - saudara kita yang mendapatkan musibah di Indonesia maupun yang di Internasional," ujar Noor.

Dia mengatakan, Baznas telah melaksanakan kerja sama kemanusiaan untuk membantu Gaza melalui Bayt Zakat Wa As Shadaqat Mesir.

"Kita mempunyai kerja sama untuk membantu Palestina. Di antaranya yang kita jadikan mitra yaitu Bayt Zakat Wa As Shadaqati Mesir," ujar dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.