Sukses

Akui Beri Rekomendasi Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki Jadi Bacagub DKI Jakarta, Airlangga: Keputusan Tergantung Survei

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengakui telah memberikan rekomendasi terhadap dua kadernya yakni Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki Iskandar untuk maju di Pilgub DKI Jakarta. Namun nanti hanya satu nama yang akan diusung dengan pertimbangan hasil survei.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengakui telah memberikan surat rekomendasi kepada dua tokohnya untuk maju menjadi bakal calon gubernur (Bacagub) DKI Jakarta dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 mendatang.

Kedua tokoh yang diberi rekomendasi yakni, mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) dan Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta sekaligus mantan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

"(Ridwan Kamil). Namanya on the way, dalam perjalanan," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/2/2024).

"Dua-duanya (Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki) diberi surat oleh Golkar sebelum Pemilu untuk ikut Pilkada," sambungnya.

Kendati begitu, kata dia, sosok yang diusung Partai Golkar akan merujuk pada hasil survei terakhir. Selain itu, Airlangga menjelaskan bahwa Partai Golkar akan membuat forum khusus untuk memilih bakal calon gubernur DKI yang akan diusung.

"Tentu keputusan tergantung survei terakhir. (Selain itu) akan dipilih dalam forum khusus sesuai jadwal Pilkada nanti, kan kita belum dapet," jelasnya.

Airlangga menuturkan, pemberian surat rekomendasi Pilkada DKI ke Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki agar keduanya menaikkan suara Partai Golkar pada Pemilu 2024 di wilayah masing-masing.

Namun, dia memastikan bahwa nantinya hanya satu orang yang akan diusung Partai Golkar pada Pilkada DKI Jakarta 2024. "Tentu untuk dalam rangka pemilu dua-duanya menggarap Dapil supaya angka partai Golkar bisa melonjak. Nanti pasti mengerucut (satu nama)," tutur Airlangga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ridwan Kamil: Harap Bersabar

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK), tengah menjadi sorotan usai balihonya bertuliskan 'OTW Jakarta' nangkring dan beredar di media sosial.

Melalui baliho itu, banyak warganet yang menganggap RK bakal maju dalam pemilihan kepala daerah atau Pilkada DKI Jakarta 2024.

Merespons antusias masyarakat secara umum, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih atas perhatian serta dukungan yang telah diberikan. Meski begitu, dia meminta masyarakat bersabar menunggu.

"Terimakasih atas dukungan dan antusiasme masyarakat. Namun saya harap masyarakat bersabar. Mohon tunggu di 29 Februari 2024," kata Ridwan Kamil dalam keterangan tertulis, diterima Jumat (23/2/2024).

Dia memohon pengertian semua pihak terkait keterlibatan dirinya dalam agenda politik, wabilkhusus Pilkada DKI 2024. Sebab, RK mengaku saat ini dirinya masih mempertimbangkan sejumlah aspek dalam menentukan langkah politik ke depan.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih Partai Golkar ini berjanji bakal memberikan keterangan resmi di waktu yang tepat ihwal keputusan politik yang dipilihnya.

3 dari 3 halaman

Ahmed Zaki Akan Jajal Politik di DKI Jakarta

Selepas menjabat sebagai Bupati Kabupaten Tangerang selama 10 tahun, Ahmed Zaki Iskandar mengaku akan fokus untuk urusan politik. Sesuai amanah Partai Gokar, dia akan hijrah menuju Jakarta untuk berkontestasi di Pilgub DKI. .

"Selesai jadi Bupati Tangerang nanti, ya kita urus politik dulu. Ya, kita jajal dulu (politik) ke Jakarta, ke kota orang. Dan tidak usah khawatir seperti apanya nanti, sudah ada garis tangan yang menentukan," ujarnya, Jumat (25/8/2023).

Untuk saat ini, Zaki sendiri menjabat sebagai Ketua Partai Golkar DKI Jakarta. Lalu, pada tahun lalu, Sekretaris Partai Golkar DKI Jakarta, Basri Baco menyampaikan, bila keinginan partainya untuk mengusung Ahmed Zaki Iskandar sebagai calon Gubernur (cagub) DKI Jakarta dalam Pemilihan Gubernur 2024.

Nantinya, dalam urusan politik, Zaki juga tengah menargetkan dalam peningkatkan perolehan suara Partai Golkar di DKI, yang kini hanya 6 kursi di DPRD DKI. DPP Golkar menargetkan bisa dapat 10 sampai 12 kursi di DPRD DKI.

Target kedua adalah yaitu untuk memenangkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Pilpres 2024. Zaki diminta memastikan kemenangan Airlangga di DKI Jakarta jika nanti jadi salah satu kandidat di Pilpres 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini