Sukses

Respons Cak Imin soal Hadi Tjahjanto Bakal Dilantik Jadi Menko Polhukam dan AHY Menteri ATR

Presiden Jokowi dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet. Kabarnya, Hadi Tjahjanto besok akan dilantik menjadi Menko Polhukam, sementara Menteri ATR akan dijabat AHY.

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 1 sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin merespons mengenai kabar akan dilantiknya Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

"(AHY) ATR? belum dengar saya. (Hadi Menko Polhukam), oh di-switch, saya belum tahu," kata Cak Imin saat ditemui di Posko THN AMIN di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024).

Dia juga mengaku belum mendengar kabar bakal adanya reshuffle di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin. Wakil Ketua DPR RI ini mengaku belum mendapat undangan pelantikan menteri baru di kabinet Presiden Jokowi.

"Belum tahu (ada pelantikan), belum bisa comment," kata Cak Imin singkat.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi angkat bicara soal kabar Hadi Tjahjanto dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) pada Rabu, 21 Februari 2024.

Jokowi membenarkan bahwa ada pelantikan menteri pada Rabu besok pukul 10.00 WIB.

"Besok ditunggu saja jam 10," kata Jokowi usai menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2024 di Ecovention Hall, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (19/2/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelantikan Menko Polhukam dan Menteri ATR

Saat ditanya apakah Hadi Tjahjanto yang menjadi Menko Polhukam pengganti Mahfud Md, Jokowi tak memberi jawaban pasti.

Hal yang sama juga disampaikan saat awak media mengkonfirmasi apakah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

"Besok dilihat jam 10. Besok dilihat saja," ujar Jokowi.

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membenarkan adanya pelantikan Menko Polhukam dan Menteri ATR di Istana Negara pada Rabu besok.

Namun, Ari enggan membeberkan siapa menteri-menteri yang akan dilantik.

"Rabu besok, 21 Februari 2024, pukul 11.00 WIB, diagendakan pelantikan Menko Polhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN oleh Presiden di Istana Negara," jelas Ari kepada wartawan.

"Mengenai siapa yang akan diangkat dan dilantik oleh Bapak Presiden untuk mengisi dua posisi itu, kita tunggu besok ya," sambung dia. 

3 dari 3 halaman

Mahfud Md Tak Masalah Hadi Dilantik Jadi Menko Polhukam

Mantan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengaku tak masalah jika Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto mengisi jabatan sebagai Menko Polhukam.

Hal ini dikatakan Mahfud Md yang juga calon wakil presiden, setelah beredar kabar jika Hadi Tjahjanto lah yang akan mengisi jabatan Menko Polhukam.

"Saya mendengar, baca dari berita anda, kan sudah terberitakan. Ya gapapa," kata Mahfud, di Kawasan Jakarta Pusat, Selasa (20/2/2024).

Lebih lanjut, Mahfud mengaku mengenal dekat dengan Hadi Tjahjanto. Sehingga, dirinya tak mempermasalahkan siapapun sosok yang akan menjadi Menko Polhukam.

"Boleh juga, boleh juga. Saya kenal baik sama beliau. Dia orangnya baik," pungkas Mahfud.

Mahfud menjabat sebagai Menko Polhukam pada 23 Oktober 2019 hingga 1 Februari 2024. Dia mengundurkan diri dari jabatan tersebut saat menjadi calon wakil presiden mendampingi calon presiden Ganjar Pranowo untuk bertarung dalam Pilpres 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.