Sukses

Kapolda Metro Klaim Angka Kriminalitas Turun Jelang Pemungutan Suara

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto mengklaim, angka kriminalitas menjelang pemungutan suara pada pemilu 2024 menurun. Hal itu disampaikan Karyoto setelah berkeliling langsung memantau situasi di Jakarta dan sekitarnya.

"Kalau tadi malam saya keliling tiga malam berturut-turut kayak lebaran, sepi. Berarti mungkin pencurinya pada nyoblos dan lain-lain. Insyallah lebih aman," kata Karyoto di Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2024).

Lebih lanjut, Karyoto menyampaikan salah satu adalah kasus tawuran. Dia mengaku tidak mendengar adanya laporan peristiwa tawuran terhitung hingga tadi malam.

"Kemarin saya juga tidak mendengar laporan tawuran-tawuran, mereka sadar ingin nyoblos dulu kali," ujar dia.

Terlepas dari itu, Karyoto menekankan jajarannya untuk tetap mengintensifkan patroli. Dia berharap proses pemilihan umum dapat berjalan aman dan lancar. Karyoto mematikan Polri bersama jajaran TNI siap mengamankan.

"Yang penting kita harapkan tidak berarti ketika kita ada pemilu, kita kendorkan patroli. Bahkan patroli skala besar kita sama-sama lakukan. TNI, Polri sama-sama," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapolda Metro Jaya Minta Anggota Jaga Netralitas, Beri Instruksi Amankan TPS

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto mengingatkan anggotanya untuk tetap menjaga netralitas selama mengawal pelaksanaan pemungutan suara pada pemilu 2024. Dia meminta jajaran untuk tidak melakukan hal-hal yang mencoreng nama baik institusi.

"Koordinasi selalu dengan petugas di TPS, jangan lakukan hal-hal kontraproduktif yang dapat menyudutkan institusi Polri maupun TNI, pesan saya untuk menjaga netralitas kita," kata Karyoto, Selasa (13/2/2024).

Karyoto menjelaskan menjaga netralitas diantaranya tidak berpihak ke salah satu paslon atau partai politik. Bahkan, tempat-tempat yang termasuk bagian dari unsur tim pemenangan, salah satu paslon harus dihindari.

"Cermati tempat di menginap anggota akan tinggal menginap atau sekedar duduk minum kopi, dan jangan berbicara yang mengarahkan dukungan atau menjatuhkan elektabilitas salah satu paslon atau partai politik," ujar dia.

3 dari 3 halaman

3 Kategori TPS

Karyoto berharap proses pemungutan dan perhitungan suara berjalan dengan baik, aman dan lancar. Karyoto mengelompokkan menjadi tiga kategori yakni TPS kurang rawan, TPS rawan dan TPS sangat rawan. Adapun, TPS kurang rawan ada 64.333 TPS, TPS rawan 976 TPS, dan TPS sangat rawan 21 TPS.

"Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana masing-masing personel untuk memahami tugas dan tanggung jawab yang diembannya, serta bagaimana memahami prosedur di TPS serta terhadap surat dan kotak suara yang ada," ujar dia.

"Di mana selain di TPS, juga perlu ada pengawalan dan pengamanan kotak suara dari TPS, ke PPS, dan PPK, sampai akhir di kantor KPU RI," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini