Sukses

Dukung Ganjar-Mahfud Menang Pilpres, Musisi dan Budayawan Kompak Luncurkan Lagu Salam M3tal

Sejumlah musisi, budayawan dan aktivis yang tergabung dalam wadah Revolusi Cinta kompak memberikan dukungan kepada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah musisi, budayawan dan aktivis yang tergabung dalam wadah Revolusi Cinta kompak memberikan dukungan kepada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024 dengan meluncurkan lagu berjudul "Salam M3tal" pada acara konferensi pers yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Senin, (29/1/2024). 

Revolusi Cinta merupakan wadah serta gerakan bergabungnya kelompok-kelompok seniman, budayawan dan masyarakat sipil yang memberikan dukungan kepada pasangan Ganjar-Mahfud sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia periode 2024-2029. Revolusi Cinta peduli pada isu kerakyatan, anti  korupsi, hak asasi manusia dan etika dalam demokrasi dapat ditegakkan Ganjar-Mahfud.  

Selain Slank sebagai inisiator awal, ada Oppie Andaresta, Dira Sugandi, Yuni Shara, Iwa K, NDX AKA, Yenny  Wahid, Butet Kartaredjasa dan lainnya dengan jumlah total lebih dari 74 orang.

Menurut drummer Slank, Bimbim, lagu Salam M3tal dihadirkan sebagai sebuah karya musik kolaborasi lintas seni budaya, profesi, generasi yang berbeda latar belakang, namun memiliki kesamaan pemikiran dan perjuangan untuk menjaga tegaknya demokrasi di Indonesia. 

"Lagu ini kami luncurkan juga  sebagai bentuk kolaborasi atas kekhawatiran terhadap pengikisan norma etika, penyelewengan konstitusi hingga ancaman terhadap demokrasi di masa mendatang," ujar Bimbim yang juga sebagai pencipta lagu Salam M3tal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Angkat Isu Kemanusiaan

Dalam lagu Salam M3tal ini, bukan hanya tentang kasus korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yang merajalela, melainkan juga isu kemanusiaan yang meresahkan.

Gitaris Slank, Abdee Negara mengatakan proses rekaman lagu ini berlangsung sangat cepat alias sat-set seperti halnya slogan yang digaungkan Capres Ganjar Pranowo. 

"Bukan sekadar sebagai bentuk dukungan kepada capres dan cawapres  nomor urut 3, lagu Salam M3tal juga menjadi gerakan kemanusiaan yang diinisiasi oleh Slank dengan tujuan untuk mengobarkan semangat Merah Putih demi terwujudnya cita-cita Revolusi Cinta bersama  Ganjar-Mahfud, serta melanjutkan semangat revolusi mental yang pernah digaungkan sebelumnya," terang Abdee Negara.

Pada video lagu Salam M3tal, memperlihatkan kesibukan, keseruan dan keintiman atas proses rekaman yang melibatkan banyak pihak hingga menghadirkan tontonan yang asyik. Lagu ini pun bisa dinikmati melalui berbagai platform digital streaming official Slank.

3 dari 3 halaman

Konser Salam M3tal Menang Total di GBK

Lagu Salam M3tal ini akan dinyanyikan secara live oleh Slank pertama kali pada rangkaian kampanye akbar Ganjar Mahfud bertajuk Konser Salam M3tal 03 Menang Total di Stadion Gelora Bung  Karno (GBK) Senayan, Jakarta pada Sabtu, 3 Februari 2024 mendatang. Konser ini digelar sebagai rangkaian sebelum menutup masa kampanye terbuka menjelang masa tenang pemilu. 

Konser Salam M3tal 03 Menang Total sekaligus menjadi Hajatan Rakyat yang digelar secara besar-besaran dan didukung oleh para tokoh nasional serta berbagai elemen masyarakat yang sebelumnya juga telah ikut andil dalam Hajatan Rakyat Ganjar-Mahfud di Bandung dan kota-kota lainnya.

Melalui Hajatan Rakyat, Ganjar-Mahfud berusaha menangkap harapan jutaan rakyat Indonesia agar bisa diwujudkan bersama dalam pemerintahan yang bersih dan menjunjung tinggi demokrasi sebagai amanat reformasi. 

Konser yang akan digelar di Stadion GBK itu juga akan menjadi rangkaian kampanye rakyat dan hiburan bagi para relawan serta masyarakat umum. Dukungan dari para musisi, budayawan, hingga aktivis menjadi bukti nyata semua lapisan masyarakat solid dukung Ganjar-Mahfud.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini