Sukses

INH Salurkan Bantuan Air Bersih dari Warga Indonesia ke Kamp Pengungsi Gaza Palestina

Yasin mewakili puluhan ribu warga Gaza mengucapkan terimakasih kepada para donatur dan kaum dermawan di Indonesia yang telah terlibat dalam program kemanusiaan. Indonesia di mata warga Gaza merupakan negara yang memiliki komitmen dan selalu ada untuk mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga kemanusiaan Internasional Networking for Humanitarian (INH) terus berkomitmen menyalurkan bantuan kemanusiaan ke wilayah Gaza, Palestina.

Kali ini, bantuan kemanusiaan yang didistribusikan langsung ke Kamp Pengungsian Al Mawasi, Khan Younis, Gaza Selatan berupa ribuan liter air bersih.

"Air bersih merupakan kebutuhan yang sangat mendasar, dan sangat dibutuhkan saat ini oleh pengungsi disini, saat kami melakukan distribusi ribuan pengungsi sudah mengantri untuk mendapatkan jatah air bersih," kata Muhammad Yasin penganggung jawab Program INH di Gaza, Rabu (31/1/2024).

Menurutnya, warga Gaza yang mengungsi di kamp pengungisan tersebut jumlahnya lebih dari puluhan ribu. Umumnya mereka merupakan warga Gaza Utara yang mencari perlindungan dan tempat aman di wilayah Selatan.

Mereka tinggal di dalam tenda-tenda berukuran 2x4 meter dengan kondisi serba keterbatasan. "Untuk jumlah pengungsi di sini sangat banyak, kami berusaha sekuat tenaga untuk terus membantu saudara-saudara kita yang ada di pengungsian agar bisa hidup layak dan terpenuhi kebutuhanya," ucap Yasin.

Yasin mewakili puluhan ribu warga Gaza mengucapkan terimakasih kepada para donatur dan kaum dermawan di Indonesia yang telah terlibat dalam program kemanusiaan. Indonesia di mata warga Gaza merupakan negara yang memiliki komitmen dan selalu ada untuk mereka.

"Terimakasih INH, terimakasih warga Indonesia kami sangat apresiasi atas kepedulian kalian terhadap warga Gaza, Palestina," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantuan Warga Indonesia Disalurkan Melalui Relawan Lokal di Gaza

Sementara itu, Ibnu Hafidz manager program ini mengatakan, bahwa INH sebagai lembaga kemanusiaan akan berkomitmen untuk menjadi garda terdepan dalam penyaluran program kemanusiaan di wilayah Gaza.

Menurutnya, bantuan kemanusiaan yang merupakan hasil donasi dari warga Indonesia terus disalurkan melalui relawan lokal INH di Jalur Gaza di kamp-kamp pengungsian yang ada diwilayah Khan Younis, Gaza Selatan.

Sepanjang bulan Januari 2024 ini INH sudah melakukan beberapa kali penyaluran program bantuan pangan, seperti pembagian sayur dan buah-buhan, kemudian paket sembako, dan belum lama pihaknya juga menyalurkan ribuan kilo tepung gandum untuk para pengungsi.

"Ini merupakan penyaluran program darurat bantuan pangan, semoga situasi di Jalur Gaza bisa segera kondusif segingga penyaluran program bantuan kemanusiaan bisa semakin maksimal," katanya.

 

3 dari 3 halaman

INH Masih Buka Donasi untuk Warga Gaza

Saat ini, kata Ibnu kondisi di Gaza masih sangat mencekam, di mana roket dan bom-bom Israel masih mengancam wilayah Gaza. Tak ada tempat yang aman bagi penduduk Gaza.

Dia berharap situasi dan kondisi di Jalur Gaza bisa segera membaik, sehingga bantuan kemanusiaan bisa terus masuk ke kantong-kantong pengungsian yang tersebar di beberapa titik.

"Sebagai wujud kepedulian bagi warga Palestina, INH masih membuka program kemanusiaan, open donasi dan mengajak masyarakat untuk menyalurkan bantuan dana kemanusiaan yang dapat disalurkan melalui kami," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.