Sukses

Gedung Arsip BRIN di Gunung Sindur Bogor Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Gedung Pusat Arsip BRIN yang ada di Gunung Sindur, Bogor rusak cukup parah akibat diterjang angin puting beliung. Akibatnya, beberapa arsip rusak dan basah.

Liputan6.com, Bogor - Gedung Pusat Arsip Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Jalan Pendidikan, Desa Pengasinan, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat rusak diterjang angin puting beliung, pada Minggu (7/1/2024).

Tampak dalam tayangan video yang beredar di aplikasi perpesanan, dinding kaca yang berada di lantai paling atas gedung 1 Pusat Arsip BRIN hancur.

Pecahan kaca, potongan rangka jendela alumunium, serpihan atap plafon dari gypsum berserakan di rumput halaman belakang.

Bahkan, sebatang alumunium diduga rangka jendela tampak masih menggantung di atas gedung tersebut.

"Gedung 1 yang belakang roboh gara-gara angin puting beliung," ujar perekam video.

Koordinator Komunikasi Publik BRIN Sri Partini membenarkan bagian belakang gedung pusat arsip rusak parah diterjang puting beliung pada Minggu siang.

"Betul ini gedung arsip yang di Gunung Sindur. Kejadiannya jam 13.38 WIB," kata Kepala Biro Komunikasi Publik, Umum, dan Kesekretariatan, Driszal Fryantoni saat dikonfirmasi.

Driszal mengatakan puting beliung merusak sebagian dinding, kaca gedung lantai 3, outdoor pendingin yang ada di rooftop gedung tersebut.

"Kerusakan dinding dan kaca kurang lebih 5%. Dampaknya beberapa arsip rusak dan basah," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tindakan BRIN

Menurutnya, pihaknya telah melakukan penanganan pasca-insiden, antara lain perapihan pohon-pohon yang tumbang, mengevakuasi arsip-arsip, dan meja kerja yang ada di lantai 3.

"Karena angin puting beliung juga merusak pohon-pohon yang di depan kantor," terangnya.

 

3 dari 3 halaman

Rumah Warga Rusak hingga Pohon Tumbang

Tak hanya gedung arsip BRIN, rumah-rumah warga di desa itu juga rusak dan pohon tumbang akibat diterpa angin puting beliung bersamaan dengan hujan deras yang terjadi sekitar pukul 13.30 WIB.

Kepala Desa Pengasinan Nur Kholis mengatakan data sementara sebanyak 15 rumah warga rusak. Rumah-rumah yang rusak tersebar di Kampung Cibarengkok.

"Itu data sementara. Kami masih melakukan pendataan dan penanganan. Tapi kerusakannya ada yang tertimpa pohon juga ada yang tertiup angin," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini