Sukses

Pengamat: Agenda Makan Malam Pertegas Dukungan Jokowi kepada Prabowo

Momen makan malam antara Presiden Jokowi dengan Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto jelang Pilpres 2024 menjadi sorotan publik. Momen ini pun dinilai semakin mempertegas dukungan Jokowi kepada Prabowo pada Pilpres 2024.

 

Liputan6.com, Jakarta - Momen makan malam antara Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan calon presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto menjadi sorotan publik. Agenda makan malam yang dilakukan di sebuah restoran di Jakarta Pusat pada Jumat 5 Januari 2024 ini berlangsung jelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang semakin dekat.

Pengamat Politik dari Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam mengatakan, agenda makan malam tersebut mempertegas dukungan Jokowi terhadap Prabowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Agenda makan malam yang terkesan eksklusif itu semakin mempertegas dukungan Presiden Jokowi pada Prabowo. Langkah ini senada dengan statemen sejumlah elite di TKN Prabowo-Gibran yang belakangan menyampaikan Jokowi berada di belakang mereka," kata Khoirul Umam dalam keterangannya, Sabtu (6/1/2024).

Menurutnya, saat seorang kepala negara menunjukkan dukungan politik secara terang-terangan, maka struktur kekuasaan dan aparatur negara bergerak dalam ruang psikologis keberpihakan pada satu pasangan calon (paslon).

"Ketika presiden menunjukkan dukungan politik yang semakin vulgar, akibatnya struktur kekuasaan dan aparatur negara bergerak dalam ruang psikologis keberpihakan pada paslon yang didukung oleh penguasa," ujarnya.

Sehingga, apabila nantinya ditemukan pelanggaran-pelanggaran etik, maka akan dianggap lumrah.

"Dalam kondisi seperti ini, pelanggaran-pelanggaran etik dan aturan kepemiluan cenderung dianggap sebagai hal lumrah dan laporan-laporan tidak akan digubris oleh lembaga pengawas," ungkapnya.

"Di situlah esensi demokrasi yang adil dan transparan menjadi semakin layak dipertanyakan," ucap Khoirul Umam memungkasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makan Malam Prabowo dan Jokowi

Sebelumnya, Calon Presiden (Capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto terlihat makan malam berdua bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sebuah restoran di daerah Jakarta Pusat, pada Jumat 5 Januari 2024. Prabowo berhadapan langsung dengan Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Prabowo Subianto terlihat mengenakan kemeja batik berwarna coklat dengan celana hitam, sementara Presiden Jokowi terlihat mengenakan kemeja berwarna putih dan celana hitam yang menjadi ciri khasnya.

Dalam momen makan malam ini, Prabowo dan Jokowi terlihat berdiskusi dengan cukup santai. Keduanya terlihat tertawa dengan lepas dari pantauan lapangan sambil menikmati hidangan makan malam.

 

3 dari 3 halaman

Banyak yang Prediksi Jokowi Dukung Prabowo

Belum diketahui, apa yang diperbincangan oleh keduanya. Namun pertemuan ini makin menguatkan sinyal atas dukungan Presiden Jokowi terhadap salah satu kandidat pasangan Capres dan Cawapres dalam Pilpres 2024.

Sebelumnya, banyak yang memprediksi Jokowi bakal mendukung pasangan nomor 2 dalam Pilpres 2024. Terlebih ada putra sulungnya, yakni Gibran Rakabuming Raka yang jadi cawapres Prabowo Subianto.

Dukungan dari seorang presiden yang sedang menjabat bisa menjadi faktor penting dalam konteks pemilihan presiden.

Meskipun dinamika politik selalu berubah, pertemuan antara Jokowi dan Prabowo ini memberikan indikasi bahwa Pilpres 2024 akan menjadi kontes yang menarik dengan banyak pertimbangan strategis.

 

Reporter: Nur Habibie

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini