Sukses

Imbas Jalan Amblas, Polisi Berlakukan Contraflow di Olimo Jakbar

Polisi telah memberlakukan sistem arus lalu lintas 'Contraflow' untuk mengurai kemacetan di lampu merah Olimo arah Kota. Hal itu dilakukan buntut jalanan amblas yang telah membuat kemacetan parah sejak pagi tadi.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi telah memberlakukan sistem arus lalu lintas Contraflow untuk mengurai kemacetan di lampu merah Olimo arah Kota. Hal itu dilakukan buntut jalan amblas yang telah membuat kemacetan parah sejak pagi tadi.

"Saat ini sudah kami lakukan rekayasa lawan arus di sebelah kanan arah utara, sudah dua jalur," ujar Pasubnit Turjawali Unit Lantas Taman Sari Satlantas Jakarta Barat, AKP Agus Suparyanto saat dikonfirmasi, Kamis (4/1/2024).

Agus menyebut, untuk mengurai kemacetan tersebut pihaknya bekerjasama dengan Dinas Perhubungan yang hingga saat ini telah berjaga di lokasi.

Sementara itu, terkait dengan arus lalu lintas saat ini sudah berlangsung lancar. Lalu untuk jalan yang ambles tersebut telah dilakukan.

"Sudah normal, sudah lancar banget. Diambil langkah contraflow aja sedikit 40 meter dari sekitar TKP saja. Kebetulan yang sisi kanan agak lebar arah selatannya. Jadi pakai untuk arah utara yang dari utara lancar, yang dari selatan juga oke," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Rute Transjakarta Dialihkan

Di sisi lain, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) juga telah melakukan penyesuaian rute karena adanya jalan amblas di lampu merah Olimo arah Kota. Adapun rute yang terkena penyesuaian adalah 3H Kalideres - Kalibesar Barat, 1A Balaikota - Pantai Maju, Koridor 1 Blok M - Kota.

"Penyesuaian ini dilakukan dikarenakan adanya jalan yang amblas, tepatnya sebelum lampu merah Olimo," kata Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transjakarta Wibowo, Kamis (4/1/2024).

Bowo mengatakan, pengalihan dilakukan agar tetap memobilitas pelanggan yang biasa beraktivitas menggunakan rute-rute tersebut.

"Diharapkan masyarakat menyesuaikan perjalanan," ujar Bowo.

Berikut bentuk pengalihan rute yang diberlakukan:

Blok M – Kota (Koridor 1)

Mengalami pengalihan rute untuk arah Kota sementara arah sebaliknya beroperasi normal sehingga untuk sementara tidak bisa melayani aktivitas pelanggan di Halte Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Olimo, dan Halte Glodok.

Rute pengalihan yang diberlakukan: 

Lampu merah Harmoni – Belok Kanan – Pecenongan – Juanda – Lampu Merah Almabar – Belok Kiri – Jalan Gunung Sahari – Halte Pasar Baru Timur – Halte Jembatan Merah – Halte Mangga Dua – Lampu Merah Belok Kiri – Halte ITC Mangga Dua – Halte Pangeran Jayakarta – Lampu Merah – Belok Kanan – Kalibesar Barat – Kota Beos.

3 dari 3 halaman

Rute Lainnya

Kalideres – Kalibesar Barat (3H)

Mengalami pengalihan rute untuk arah Kota sementara arah sebaliknya beroperasi normal sehingga untuk arah Kota untuk sementara tidak bisa melayani aktivitas pelanggan di Halte Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Olimo dan Halte Glodok.

Berikut penyesuaian rute yang diberlakukan:

Lampu merah Harmoni – Belok Kanan – Pecenongan – Juanda – Lampu merah Almabar – Belok kiri – Jalan Gunung Sahari – Halte Pasar Baru Timur – Halte Jembatan merah – Halte Mangga Dua – Lampu Merah – Belok Kiri – Halte ITC Mangga Dua – Halte Pengeran Jayakarta – Lampu merah Kota – Belok Kanan – Kali besar barat – Kota Beos.

Pantai Maju – Balaikota (1A)

Pengalami pengalihan rute untuk arah Pantai Maju, sementara arah sebaliknya beroperasi normal. Sehingga arah Pantai Maju untuk sementara tidak bisa melayani pelanggan di halte Harmoni, halte Sawah Besar, halte Mangga Besar, halte Taman Sari, dan halte Glodok.

Berikut pengalihan rute yang diberlakukan: Lampu merah Harmoni – Belok Kanan – Pecenongan – Juanda – Lampu merah Almabar – Belok kiri – Jalan Gunung Sahari – Halte Pasar Baru Timur – Halte Jembatan merah – Halte Mangga Dua – Lampu Merah – Belok Kiri – Halte ITC Mangga Dua – Halte Pengeran Jayakarta – lampu merah kota – belok kanan – kali besar barat – Kota Beos.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi 

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.