Sukses

Antisipasi Kebakaran saat Malam Tahun Baru, Gulkarmat DKI Imbau Warga Tidak Main Petasan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) mengimbau masyarakat melakukan langkah antisipasi kebakaran saat merayakan malam pergantian tahun pada Minggu (31/12/2023).

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) mengimbau masyarakat melakukan langkah antisipasi kebakaran saat merayakan malam pergantian tahun pada Minggu (31/12/2023).

Masyarakat diminta tidak bermain petasan saat merayakan malam tahun baru. Selain itu, masyarakat juga harus memastikan sumber api telah padam saat hendak menghabiskan malam pergantian tahun di luar rumah.

"Memastikan meninggalkan rumah dalam kondisi aman dengan cara mematikan steker listrik, kompor dan mencabut regulator gas, untuk antisipasi munculnya bahaya kebakaran," kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, dalam keterangan tertulis, Minggu (31/12/2023).

Tak hanya itu, Satriadi mengingatkan agar masyarakat tidak membakar sampah sembarangan. Hal tersebut ditakutkan dapat menyulut kebakaran pada benda lainnya yang mudah terbakar.

"Lalu tidak membakar sampah atau material mudah terbakar lainnya. Juga perhatikan api saat menggunakan alat memasak," ucap dia.

Diketahui, dalam rangka menyambut tahun baru 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan berbagai acara menarik bertema 'Festival Malam Muda-Mudi, Jakarta Kota Global' pada 31 Desember 2023 di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Ada 11 panggung hiburan yang tersebar di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin. Adapun puncak perayaan pergantian tahun bakal berlangsung di panggung utama Bundaran Hotel Indonesia (HI) dengan berbagai penampilan artis-artis ibu kota.

Festival Malam Muda Mudi ini akan mengusung konsep Car Free Night (CFN) atau malam bebas kendaraan bermotor.

Akan ada berbagai kegiatan seperti Gemilang Silang Monas, video mapping, panggung hiburan, serta parade Jakarnaval yang akan menampilkan IP-Based Character.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Polri Larang Main Petasan saat Rayakan Malam Tahun Baru 2024

Sebelumnya, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sudah melarang penggunaan petasan atau mercon dalam perayaan malam pergantian tahun, Minggu, 31 Desember 2023. Penggunaan petasan dilarang karena berbahaya bagi keselamatan masyarakat serta dapat memicu keributan.

"Terkait dengan petasan, kami sampaikan bahwa petasan itu dilarang dalam melaksanakan malam perayaan malam tahun baru," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Hubungan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal (Brigjen) Ahmad Ramadhan kepada wartawan di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (29/12/2023).

Sementara itu, kata Ramadhan, Polri tidak melarang penggunaan kembang api. Meski begitu, tetap harus adanya izin, apakah lokasinya aman untuk menyalakan kembang api.

"Yang diizinkan adalah kembang api, tapi penggunaannya juga harus minta izin. Karena harus melihat lokasi-lokasi. Apakah tempat-tempat itu memungkinkan dilaksanakan kembang api," kata Ramadhan.

"Sekali lagi, petasan atau mercon itu dilarang. Sedangkan penggunaan kembang api itu harus ada izinnya. Jadi misalnya ada kegiatan, panitianya harus minta izin, harus ada izin keramaian dan izin penggunaan kembang api itu sendiri," Ramadhan menegaskan.

Terkait dengan Operasi Mantap Brata dan Lilin, menurut Ramadhan, hingga kini masih terus berlangsung sampai dengan 2 Januari 2024.

"Pengamanan Operasi Mantap Brata masih berjalan. Operasi Lilin berakhir nanti tanggal 2 Januari," ujar Ramadhan.

"Tentu kita akan terus melakukan upaya-upaya agar pengamanan Operasi Lilin dapat berjalan aman tertib dan lancar," kata Ramadhan.

3 dari 4 halaman

Rayakan Malam Tahun Baru, Pemprov Jakarta Gelar Car Free Night dengan 11 Panggung Hiburan

Dalam rangka menyambut tahun baru 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan berbagai acara menarik bertema 'Festival Malam Muda-Mudi, Jakarta Kota Global' pada 31 Desember 2023 di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Ada 11 panggung hiburan yang tersebar di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin. Adapun puncak perayaan pergantian tahun bakal berlangsung di panggung utama Bundaran Hotel Indonesia (HI) dengan berbagai penampilan artis-artis ibu kota.

Festival Malam Muda Mudi ini akan mengusung konsep Car Free Night (CFN) atau malam bebas kendaraan bermotor.

Akan ada berbagai kegiatan seperti Gemilang Silang Monas, video mapping, panggung hiburan, serta parade Jakarnaval yang akan menampilkan IP-Based Character. 

Pemprov DKI Jakarta pun mengimbau warga menggunakan transportasi umum saat berkunjung ke lokasi yang menjadi titik perayaan tahun baru 2024 di Jakarta, termasuk kawasan Sudirman-Thamrin.

"Kami mengimbau warga untuk menggunakan angkutan umum saat menuju lokasi-lokasi kegiatan acara. Terkait hal itu, kami telah bersinergi dengan penyelenggara transportasi umum di Jakarta seperti BUMD bidang transportasi agar mobilitas warga lebih mudah," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, dikutip dari Antara Minggu (31/12/2023).

4 dari 4 halaman

Warga Jakarta Diimbau Patuhi Aturan Lalu Lintas

Selain itu, Syafrin mengingatkan warga untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku dan mengikuti arahan petugas yang berjaga di setiap lokasi demi kelancaran dan keselamatan.

Syafrin menyebut perayaan malam tahun baru 2024 bertajuk "Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global" akan digelar di sepanjang Jalan M.H. Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman pada Minggu (31/12/2023) malam hari ini.

Acara ini juga akan dimeriahkan parade mobil hias Jakarnaval (Jakarta Karnaval). Adapun "Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global" ini mengusung konsep malam bebas kendaraan bermotor atau Car Free Night (CFN) di sepanjang Jalan M.H. Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman, mulai pukul 19.00-01.00 WIB, dikecualikan khusus untuk parade mobil hias Jakarnaval dan petugas pengatur lalu lintas.

Parade Jakarnaval akan dimulai di titik awal pada pukul 21.30 WIB dan diperkirakan tiba di titik akhir pukul 23.00 WIB, dengan rute start dari panggung Jakarnaval di Pintu Barat Daya Monas/Patung Kuda-Jalan M.H. Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman-berputar di Bundaran Patung Pemuda Membangun-kembali ke utara Jalan Jenderal Sudirman- berakhir di FX Sudirman melalui Jalan Pintu Satu Senayan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.