Sukses

Rekonstruksi Kasus Ayah Bunuh 4 Anak di Jagakarsa, Tersangka Peragakan 42 Adegan

Bintoro menjelaskan adegan rekonstruksi dimulai dari kejadian penganiayaan atau Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Panca dengan istrinya inisial DM pada Sabtu 2 Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Polres Metro Jakarta Selatan merampungkan rekonstruksi kasus pembunuhan empat orang bocah di Jagakarsa, Jakarta Selatan oleh ayahnya sendiri, Panca Darmansyah (41). Sebanyak 42 adegan dimainkan oleh Panca.

"Jadi ada sebanyak 42 adegan itu secara berurutan termasuk dari kegiatan si pelaku," kata Kasat Reskrim Polsek Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di lokasi rekonstruksi, Jumat (29/12/2023).

Bintoro menjelaskan adegan rekonstruksi dimulai dari kejadian penganiayaan atau Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) Panca dengan istrinya inisial DM pada Sabtu 2 Desember 2023.

Sekiranya ada 10 adegan untuk kasus KDRT Panca dengan istrinya. Dimulai dengan Panca yang sedang menyisir rambut istrinya. Seketika pelaku pun tersulut emosi dan membenturkan kepala korban ke tembok hingga terpental hingga DM dibawa ke rumah sakit.

Sementara selebihnya adalah reka adegan pembunuhan Panca terhadap keempat anaknya pada Minggu (3/12) hingga ditemukannya mayat pada Rabu (6/12).

"Jadi untuk KDRT ada 10 adegan sementara sisa sebanyak 32 adegan kasus pembunuhan," beber Bintoro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Bahan Pertimbangan di Persidangan

Bintoro menyebut, rekonstruksi tersebut untuk memperjelas bagaimana proses KDRT hingga pembunuhan yang dilakukan oleh Panca terjadi. Sehingga nantinya akan jadi bahan pertimbangan pada saat persidangan.

"Rekon ini untuk memberikan gambaran yang jelas terhadap tindak pidana yang terjadi dan juga akan kami jadikan sebagai alat bukti tambahan dalam memberikan masukan dan membuat terang tindak pidana yang terjadi. Sehingga saat sidang nanti bisa memberikan keyakinan kepada hakim dalam memberikan putusan perkara tindak pidana yang terjadi," pungkas dia.

Diberitakan sebelumnya, Polres Metro Jakarta Selatan menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan empat orang anak oleh ayahnya sendiri, Panca Darmansyah (41). Rekonstruksi tersebut digelar sebuah kontrakan yang ditempati keluarga Panca kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

 

3 dari 3 halaman

Sejumlah Saksi Dihadirkan

Dari pantauan merdeka.com tersangka utama telah hadir di dengan mengenakan baju tahanan warna oranye. Ia tiba dengan diantar menggunakan mobil tahanan kepolisian.

Dirinya hanya dapat menundukkan kepala ketika digiring ke dalam rumah.

Sejumlah saksi juga pun juga telah dihadirkan dengan menggunakan nametag yang telah disediakan oleh kepolisian. Sekiranya terdapat 8 orang saksi yang akan terlibat dalam rekonstruksi kali ini.

Sementara itu, istri Panca inisial DM tidak hadir sehingga perannya digantikan.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.