Sukses

Jokowi Sebut Perbaikan Jalan Lingkar Talaud Habiskan Anggaran Rp1,13 Triliun

Jokowi ingin jalanan di kabupaten dan kota seluruh Indonesia diperbaiki dan memiliki kondisi yang bagus seperti di Kepulauan Talaud. Dia meyakini hal ini dapat meningkatkan konektivitas antarwilayah.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan bahwa perbaikan dan pengerjaan Jalan Lingkar Karakelang, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, sudah memakan anggaran Rp1,13 triliun sejak 2015 hingga 2023.

Menurut Jokowi, pengerjaan jalan di pulau terluar dan terdepan tersebut dilakukan untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur secara merata dan berkeadilan.

"Ini di Kabupaten Kepulauan Talaud dari 2015 sampai 2023 anggaran sebesar Rp1,13 triliun telah diberikan untuk urusan infrastruktur jalan yang menyangkut kurang lebih 199 kilometer, dikerjakan, diperbaiki, diaspal yang dulu sebelumnya tanah," jelas Jokowi usai meninjau Jalan Lingkar Karakelang, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Kamis (28/12/2023).

Kendati begitu, dia menginstruksikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memperhalus dan menyelesaikan kemantapan jalan tersebut.

"Saya perintahkan ke Kementerian PU juga tahun depan agar diperhalus lagi," ujarnya.

Jokowi ingin jalanan di kabupaten dan kota seluruh Indonesia diperbaiki dan memiliki kondisi yang bagus seperti di Kepulauan Talaud. Dia meyakini hal ini dapat meningkatkan konektivitas antarwilayah. 

"Dan saya kira kalau semua kabupaten, semua kota jalannya seperti ini saya kira akan memperlancar urusan logistik, konektivitas antarkecamatan, antarkabupaten saya kira akan bagus," tutur Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Miliki Panjang 199 Km

Berdasarkan data dari Kementerian PUPR, Jalan Lingkar Talaud memiliki total panjang 199 kilometer.

Pada tahun 2024, ditargetkan seluruh Jalan Lingkar Talaud sudah beraspal dengan tingkat kemantapan 97 persen.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiadi, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dodokambey, dan Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini