Sukses

Top 3 News: BRIN Sebut Dampak El Nino Makin Parah, Musim Kemarau Makin Panjang

Pakar Meteorologi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Edvin Aldrian mengaku tidak heran dengan fenomena cuaca akhir tahun ini. Sebab, perubahan iklim memang memperparah dampak El Nino. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pakar Meteorologi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Edvin Aldrian mengaku tidak heran dengan fenomena cuaca akhir tahun ini. Sebab, perubahan iklim memang memperparah dampak El Nino. Itulah top 3 news hari ini.

Edvin mengatakan, dampak perubahan iklim tersebut menjadikan kondisi mendung berhari-hari, namun rasa gerahnya bukan main. Hal itu menjadikan belakangan cuaca memang tak menentu. Khususnya di Jakarta, meski bulan November lalu sudah sempat turun hujan.

Hadirnya anomali cuaca tersebut, Edvin berkesimpulan bahwa Desember ini masih berlangsung puncak musim kemarau. Dia memperkirakan hal itu bisa terjadi sampai Januari tahun depan.

Seain itu, mantan Gubernur Papua Lukas Enembe meninggal dunia. Lukas menutup mata untuk selama-lamanya saat tengah menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta pada Selasa, 26 Desember 2023.

Kabar Lukas Enembe meninggal dunia dibenarkan kuasa hukum Lukas Enembe, Petrus Bala Patyona. Petrus menyebut Lukas Enembe meninggal sekitar pukul 11.00 WIB.

Sementara itu, kuasa hukum Lukas Enembe lainnya, Antonius Eko Nugroho menyebut Lukas Enembe meninggal dunia pada pukul 10.00 WIB. Antonius menyebut, berdasarkan penuturan Pianus, sikap Lukas Enembe yang meminta berdiri ingin menunjukkan dirinya kuat dan tidak bersalah dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi infrastruktur di Papua.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait meski sudah mengetahui kawasan Puncak Bogor macet pada saat libur Natal 2023, tak menyurutkan niat warga untuk tetap berlibur ke tempat yang terkenal dengan kesejukan udaranya. Kondisi arus lalu lintas yang mandek pun dianggap sebagai risiko perjalanan.

Hal itu dirasakan Oting Supriadi (39). Ia bersama istri dan anak, sengaja ingin berlibur ke Puncak, meskipun sadar pasti akan terjadi kemacetan parah. Terlebih libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024.

Oting mengaku memilih berlibur ke Puncak hanya sekadar menikmati kepenatan setelah keseharian bekerja di Jakarta dengan kualitas udara yang tidak sehat. Ditambah anaknya saat ini sedang libur sekolah.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa 26 Desember 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. BRIN Sebut Dampak El Nino Makin Parah: Musim Kemarau Makin Panjang

Pakar Meteorologi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Edvin Aldrian mengaku tidak heran dengan fenomena cuaca akhir tahun ini. Sebab, perubahan iklim memang memperparah dampak El Nino.

"Musim kemarau makin panjang, musim hujan makin pendek. Bisa hujan deras, besoknya gantian panas terik," tulis Edvin melalui siaran pers diterima, Senin 25 Desember 2023.

Edvin menambahkan, dampak perubahan iklim tersebut menjadikan kondisi mendung berhari-hari namun rasa gerahnya bukan main.

Hal itu menjadikan belakangan cuaca memang tak menentu. Khususnya di Jakarta, meski bulan November lalu sudah sempat turun hujan. 

"Namun (hujan) berjalan sebentar. Sempat panas terik beberapa minggu yang lalu, kini Senin 25 Desember mulai mendung dan hujan lagi. Di beberapa wilayah lain di nusantara justru mengalami banjir," tutur Edvin.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Lukas Enembe Eks Gubernur Papua Meninggal Dunia

Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe dikabarkan meninggal dunia. Lukas menutup mata untuk selama-lamanya, saat tengah menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta pada Selasa, 26 Desember 2023.

Berita meninggalnya Lukas Enembe dibenarkan kuasa hukum Lukas Enembe, Petrus Bala Patyona.

"Betul betul, sekarang saya di kamar beliau meninggal," ujar Petrus saat dikonfirmasi, Selasa 26 Desember 2023.

Petrus menyebut Lukas Enembe meninggal sekitar pukul 11.00 WIB.

Sementara kuasa hukum Lukas Enembe lainnya, Antonius Eko Nugroho, menyebut Lukas Enembe meninggal dunia pada pukul 10.00 WIB.

"Menurut keterangan keluarga mendiang yang setia mendampingi dan merawat beliau, Bapak Pianus Enembe, sebelum meninggal, Bapak Lukas minta berdiri. Kemudian Bapak Pianus membantu Pak Lukas untuk berdiri, dengan memegang pinggang Bapak Lukas. Tidak lama berdiri, Bapak Lukas mengembuskan nafas terakhirnya," ujar Antonius.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Sekelumit Cerita Warga yang Rela Bermacet-Macetan Ria di Puncak Bogor

Meski sudah mengetahui kawasan puncak Bogor macet pada saat libur Natal 2023, tak menyurutkan niat warga untuk tetap berlibur ke tempat yang terkenal dengan kesejukan udaranya. Kondisi arus lalu lintas yang mandek pun dianggap sebagai resiko perjalanan.

Hal itu dirasakan Oting Supriadi (39). Ia bersama istri dan anak, sengaja ingin berlibur ke Puncak, meskipun sadar pasti akan terjadi kemacetan parah, terlebih libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024.

"Memang kita sudah tau di Puncak bakal macet, jadi nikmatin saja. Karena itu seninya," ujar Oting kepada merdeka.com, Senin, 25 Desember 2023.

Oting mengaku memilih berlibur ke Puncak hanya sekadar menikmati kepenatan setelah keseharian bekerja di Jakarta dengan kualitas udara yang tidak sehat. Ditambah anaknya saat ini sedang libur sekolah.

Oting berangkat dari rumah sekitar pukul 07.00 WIB, Sabtu, 23 Desember 2023 menuju vila kawasan Cipendawa, Jawa Barat. Waktu yang dibutuhkan pun terbilang sangat lama terlebih saat di kawasan Simpang Gadog sudah terjadi kemacetan parah.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.