Sukses

Top 3 News: IM57+ Institute Soal Surat Tak Direspons, Istana Tahu Upaya Licik Firli

Menanggapi baik soal Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang tak merespons surat pengunduran diri Ketua nonaktif KPK Firli Bahuri, IM57+ Institute menilai taktik Firli Bahuri mengundurkan diri untuk menghindari sanksi etik sudah terendus oleh semua pihak, termasuk Istana. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menanggapi baik soal Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang tak merespons surat pengunduran diri Ketua nonaktif KPK Firli Bahuri, IM57+ Institute menilai taktik Firli Bahuri mengundurkan diri untuk menghindari sanksi etik sudah terendus oleh semua pihak, termasuk Istana. Itulah top 3 news hari ini.

Menurut Ketua IM57+ Institute M Praswad Nugraha, Jokowi tidak ingin terseret dalam taktik Firli Bahuri menghindari pertanggunjawaban etik dugaan pemerasan Firli Bahuri.

Di sisi lain, Praswad mendesak Dewan Pengawas KPK segera mengumumkan sanksi etik untuk Firli Bahuri. Menurut Praswad, sebelum Presiden resmi memberhentikan Firli Bahuri, maka mantan Kapolda Sumsel itu tetap sebagai insan KPK.

Sementara itu, Masjid Istiqlal yang berada di seberang Gereja Katedral, Jakarta Pusat menyediakan kantong parkir bagi jemaat Misa Natal 2023 Gereja Katedral.

Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) Masjid Istiqlal, Ismail Chawidu mengatakan, pihaknya menyiapkan area basemen sebagai lokasi parkir yang bisa digunakan jemaat Gereja Katedral.

Menurut Ismail, kegiatan ini telah rutin dilakukan Istiqlal apabila Katedral memperingati acara besar. Ismail menyatakan, kantong parkir untuk para jemaat tersedia 24 jam. Sehingga, jemaat yang akan melangsungkan ibadah Misa Natal tak perlu khawatir.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait ketika berada di penghujung tahun, wilayah Indonesia umumnya sudah memasuki musim hujan. Musim kemarau yang melanda sebelumnya sirna dengan guyuran hujan yang turun hampir setiap hari. Namun tahun ini berbeda, musim hujan yang dinanti tak kunjung tiba.

Menanggapi hal tersebut, Pakar Meteorologi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Edvin Aldrian mengaku tidak heran dengan fenomena cuaca akhir tahun ini. Sebab, perubahan iklim memang memperparah dampak El Nino.

Edvin menambahkan, dampak perubahan iklim tersebut menjadikan kondisi mendung berhari-hari namun rasa gerahnya bukan main. Hal itu menjadikan belakangan cuaca memang tak menentu. Khususnya di Jakarta, meski bulan November lalu sudah sempat turun hujan.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 25 Desember 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. IM57+ Institute Soal Surat Tak Direspons: Istana Tahu Upaya Licik Firli

Menanggapi baik soal Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang tak merespons surat pengunduran diri Ketua nonaktif KPK Firli Bahuri. IM57+ Institute menilai taktik Firli Bahuri mengundurkan diri untuk menghindari sanksi etik sudah terendus oleh semua pihak, termasuk Istana.

"Tanggapan Istana pertanda semua mengetahui taktik Firli. Pertama, surat tanggapan Istana berupa pernyataan berhentinya Firli tidak dapat diproses merupakan tindakan untuk menegaskan Istana tidak ingin turut serta dalam upaya licik Firli mengindari pertanggungjawaban," ujar Ketua IM57+ Institut M Praswad Nugraha, Minggu 24 Desember 2023.

Praswad menyebut Jokowi tidak ingin terseret dalam taktik Firli Bahuri menghindari pertanggunjawaban etik dugaan pemerasan Firli Bahuri.

Di sisi lain, Praswad mendesak Dewan Pengawas KPK segera mengumumkan sanksi etik untuk Firli Bahuri. Menurut Praswad, sebelum Presiden resmi memberhentikan Firli Bahuri, maka mantan Kapolda Sumsel itu tetap sebagai insan KPK.

"Momentum ditolaknya ini harus direspon cepat oleh Dewan Pengawas untuk memutus secara etik dugaan pemerasan yang dilakukan Firli Bahuri," kata Praswad.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Masjid Istiqlal Sediakan Tempat Parkir bagi Jemaat Misa Natal 2023 Gereja Katedral

Masjid Istiqlal yang berada di seberang Gereja Katedral, Jakarta Pusat menyediakan kantong parkir bagi jemaat Misa Natal 2023 Gereja Katedral.

Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Sumber Daya Manusia (SDM) Masjid Istiqlal, Ismail Chawidu mengatakan, pihaknya menyiapkan area basemen sebagai lokasi parkir yang bisa digunakan jemaat Gereja Katedral.

 Menurut Ismail, kegiatan ini telah rutin dilakukan Istiqlal apabila Katedral memperingati acara besar.

"Ya betul setiap acara-acara besar yang dilaksanakan di Katedral, Istiqlal menyiapkan parkir di lantai basemen I dan II," kata Ismail saat dikonfirmasi, Senin 25 Desember 2023.

Ismail menyatakan, kantong parkir untuk para jemaat tersedia 24 jam. Sehingga, jemaat yang akan melangsungkan ibadah Misa Natal tak perlu khawatir.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Pakar Meteorologi BRIN: Desember Ini Masih Puncak Kemarau, Meski Sempat Hujan

Ketika berada di penghujung tahun, wilayah Indonesia umumnya sudah memasuki musim hujan. Musim kemarau yang melanda sebelumnya sirna dengan guyuran hujan yang turun hampir setiap hari. Namun tahun ini berbeda, musim hujan yang dinanti tak kunjung tiba.

Menanggapi hal tersebut, Pakar Meteorologi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Edvin Aldrian mengaku tidak heran dengan fenomena cuaca akhir tahun ini. Sebab, perubahan iklim memang memperparah dampak El Nino. 

"Musim kemarau makin panjang, musim hujan makin pendek. Bisa hujan deras, besoknya gantian panas terik," tulis Edvin melalui siaran pers diterima, Senin 25 Desember 2023.

Edvin menambahkan, dampak perubahan iklim tersebut menjadikan kondisi mendung berhari-hari namun rasa gerahnya bukan main. Hal itu menjadikan belakangan cuaca memang tak menentu. Khususnya di Jakarta, meski bulan November lalu sudah sempat turun hujan. 

"Namun (hujan) berjalan sebentar. Sempat panas terik beberapa minggu yang lalu, kini Senin 25 Desember mulai mendung dan hujan lagi. Di beberapa wilayah lain di nusantara justru mengalami banjir," tutur Edvin.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.