Sukses

Cerita Warga Jakarta Rela Macet-macetan di Puncak Bogor: Itu Seninya

Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, masih menjadi destinasi favorit warga saat libur Natal 2023. Saking favoritnya, warga rela bermacet-macetan hanya untuk menghilangkan penat dari aktivitas kesehariannya.

Liputan6.com, Jakarta Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, masih menjadi destinasi favorit warga saat libur Natal 2023. Saking favoritnya, warga rela bermacet-macetan hanya untuk menghilangkan penat dari aktivitas kesehariannya.

Seperti dalam unggahan video akun Instagram @infojawabarat, memperlihatkan jalur Puncak yang dipenuhi lautan manusia.

Dalam video itu memperlihatkan ribuan warga dengan kendaraan yang didominasi sepeda motor hendak meninggalkan kawasan Puncak tidak bergerak sedikit pun. Begitu pula dengan kendaraan yang mengarah ke Puncak.

Meskipun terjebak kemacetan parah, tidak membuat warga frustrasi. Salah satunya Oting Supriadi (39). Bersama istri dan anak, Oting sengaja ingin berlibur ke Puncak, meskipun sadar pasti akan terjadi kemacetan parah, terlebih libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024.

"Memang kita sudah tau di Puncak bakal macet, jadi nikmatin saja. Karena itu seninya," ujar Oting kepada merdeka.com, Senin (25/12/2023).

Oting mengaku memilih berlibur ke Puncak hanya sekedar menikmati kepenatan keseharian bekerja di Jakarta dengan kualitas udara yang tidak sehat. Ditambah anaknya saat ini sedang libur sekolah.

Oting berangkat dari rumah sekitar pukul 07.00 WIB, Sabtu (23/12/2023) menuju vila kawasan Cipendawa, Jawa Barat. Waktu yang dibutuhkan pun terbilang sangat lama terlebih saat di kawasan Simpang Gadog sudah terjadi kemacetan parah.

"Sampai Cipendawa jam 12 siang kita sampai vila itu enggak bisa ke mana-mana. Jadi dari vila Cipendawa coba ke Factory Outlet itu aja satu jam setengah sampai. Padahal kalau normal cuma 15 menit," ucap Oting.

Hal serupa juga terjadi saat dirinya akan pulang ke Jakarta. Sudah tiga jam berlangsung, kendaraannya 'stuck' di sekitar Masjid Atta'Awun.

"Puncak punya daya tarik tersendiri karena saya juga bingung kenapa. Walaupun macet-macetan kita senang daerah sini karena mungkin cuacanya, udaranya, daripada di Jakarta," tuturnya.

Di tengah kemacetan dan hujan, Oting bersama keluarga juga masih tetap dapat menikmati liburan.

"Hiburan di mobil kita paling bercanda sama anak, istri. Lihat sekeliing terus kita bahas yang lucu, sambil kita sediain cemilan," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Niat Mau Refreshing Jadi Lelah di Jalan

Berbeda dengan Oting, Zintan yang niatnya berlibur bersama rekan sesama mahasiswanya mengaku tidak dapat menikmati selama berwisata di Puncak. Alhasil ia hanya dapat menikmati berswafoto di kebun teh dekat Masjid Atta'Awun.

"Kan tadinya saya mau ke Curug, mas. Terus pindah ke taman Matahari pada penuh, ya sudahlah kita ke kebon teh aja sambil ngopi-ngopi di warkop dekat situ," kata Zintan.

Bukannya ingin menghibur diri dari tumpukan skripsi yang sudah lama ia kerjakan, justru berubah menjadi lelah akibat macet total yang dirinya tidak akan tahu akan pukul berapa tiba di rumah.

Sebetulnya berlibur ke kawasan Puncak jadi alternatif Zintan, mengingat budget yang murah serta lokasi yang terjangkau.

"Kurang lebih sudah empat jam mau pulang ini mas, enggak gerak-gerak sama sekali, sudah telanjur capek jadi males buat liburan. Kan niatnya mau refreshing otak, soalnya saya lagi ngerjain skripsi," keluhnya.

3 dari 3 halaman

Lebih dari 110.000 Kendaraan Masuk Puncak Selama Libur Natal 23-25 Desember

Sementara itu, Polres Bogor mencatat lebih dari 110.000 kendaraan memasuki Jalur Puncak selama libur Natal 23-25 Desember 2023. Polisi memperkirakan arus balik terjadi pada 26 Desember 2023.

Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro mengungkapkan, pihaknya terus melakukan rekayasa lalu lintas berupa buka tutup jalur, baik ke arah Puncak maupun Jakarta. Meski begitu, Rio memastikan situasi terkendali.

"Alhamdulillah arus padat merayap. Hingga hari ini, 25 Desember 2023 sekitar 20.000 kendaraan sudah meninggalkan Puncak. Maka sampai malam kita berlakukan one way arah Jakarta," kata Rio.

Rio menegaskan, pengamanan jalur Puncak tetap diberlakukan hingga malam Tahun Baru 2024. Pada 31 Desember 2023 mulai pukul 18.00 WIB hingga 1 Januari pukul 01.00 WIB kepolisian menerapkan car free night.

"Jadi kami imbau, masyarakat yang ingin berlibur saat malam tahun baru agar memasuki kawasan Puncak lebih awal karena pada 31 Desember pukul 18.00 WIB hingga 1 Januari 2023 pukul 01.00 WIB kami terapkan car free night," tegas Rio.

Rio juga mengimbau pengendara untuk selalu berhati-hati karena kondisi sering hujan belakangan ini di kawasan Puncak. "Hati-hati curah hujan mulai tinggi dan ada potensi longsor," kata Rio.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.