Sukses

Syarat Menjalankan Bisnis Kedai Kopi dengan Konsep Slow Bar

Slow bar merupakan konsep yang menempatkan atau fokus pada proses manual dalam penyajian kopi.

Liputan6.com, Jakarta - Konsep slow bar pada kedai kopi saat ini makin mudah ditemukan di perkotaan. Slow bar merupakan konsep yang menempatkan atau fokus pada proses manual dalam penyajian kopi. Konsep yang disajikan berbeda dengan layanan cepat di kedai kopi biasa.

Co-founder Barista Indonesia, Haris Setiadi menyebut terdapat sejumlah syarat barista jika ingin menjalankan kedai kopi dengan konsep slow bar. Syarat utamanya, barista tersebut harus suka kopi dan memiliki skill hingga pengetahuan yang luas.

"Dia harus paham kopi yang disajikan karena akan banyak pertanyaan tentang si produknya ini. Jadi ya harus sempurna dalam menyajikan atau membuat kopinya," kata Haris kepada Liputan6.com.

Lalu syarat kedua, barista tersebut memahami alat-alat yang digunakan dalam proses penyajian kopi. Kemudian barista tersebut harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Sebab sang barista dituntut dapat menjelaskan atau mampu menceritakan proses hingga kopi yang digunakan.

"Artinya ini lho produk yang saya tawarkan, ketika customer minum dia akan merasakan pengalaman pertamanya minum kopi. Punya cerita dalam minum kopinya itu. Enggak sekadar minum kopi, tapi ada cerita di secangkirnya itu. Entah itu cerita tentang kopi, cerita tentang kerjaan, cerita tentang hobi, ternyata satu komunitas dulunya, atau itulah banyak cerita di secangkir kopi," papar dia.

Sementara itu, Haris juga menyebut seorang barista yang akan membuka slow bar harus dapat mengekspresikan dirinya terhadap apa yang dia lakukan. Yaitu mulai dari komunikasinya, bahan baku yang digunakan.

"Dia cari bahan baku sendiri mungkin, dia bisa berkenalan langsung dengan processor, dia bisa berkenalan langsung dengan roaster. Artinya kreativitas itu memberikan nilai lebih terhadap produknya," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Masuk dalam Daftar Negara dengan Kopi Terpopuler

Sebelumnya, kekayaan gastronomi Nusantara telah mendapat tempat spesial, tak hanya dari orang Indonesia tetapi juga kancah dunia. Setidaknya ada empat minuman kopi Indonesia yang masuk dalam daftar kopi terpopuler di dunia versi TasteAtlas.

Berdasarkan data yang dirilis TasteAtlas pada Jumat, 15 September 2023, minuman kopi Indonesia ada dalam jajaran 50 besar. Minuman pertama adalah kopi tubruk yang ada di posisi ke-21.

"Kopi tubruk yang kental dan kaya rasa adalah kopi terpopuler di Indonesia. Ini melibatkan persiapan sederhana di mana air mendidih atau panas dicampur dengan kopi bubuk halus atau sedang. Kombinasi tersebut diaduk hingga tercampur rata, lalu didiamkan selama beberapa menit hingga bubuk kopi mengendap di dasar cangkir," bunyi keterangan TasteAtlas.

Laman ini menambahkan bahwa, "Meski gula bersifat opsional, kebanyakan orang memilih untuk mempermanis kopi dengan mencampurkan gula dengan bubuk kopi, sebelum ditambahkan air."

TasteAtlas menjelaskan cara penyajian ini diyakini diperkenalkan oleh para pedagang dari Timur Tengah. Hal tersebut dikarenakan cara pembuatan dan kopinya sangat mirip dengan Turkish coffee.

Selanjutnya adalah kopi luwak yang ada tepat di bawah kopi tubruk, yakni peringkat ke-22. TasteAtlas menulis bahwa kopi luwak Indonesia sering disebut-sebut sebagai kopi termahal di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.