Sukses

Kronologi Rombongan Motor Pengantar Jenazah Istri Habib Rizieq Terobos Tol Jagorawi

Polda Metro Jaya mengungkap bahwa rombongan pesepeda motor yang viral menerobos masuk Tol Jagorawi beberapa waktu lalu adalah iring-iringan pengantar jenazah istri Habib Rizieq Shihab yang akan dimakamkan di Megamendung, Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Akis rombongan pemotor nekat menerobos masuk Jalan Tol Jagorawi viral di media sosial. Polisi pun turun tangan menghalau iring-iringan pemotor itu masuk ke tol dan mengarahkan supaya mereka keluar dari jalan bebas hambatan tersebut.

Terungkap, rupanya rombongan pemotor itu merupakan bagian dari iring-iringan ambulans yang mengantarkan jenazah istri mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, Syarifah Fadhlun Yahya.

"Mereka itu rombongan pengantar jenazah istrinya Habib Rizieq Shihab," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman kepada wartawan, Rabu (20/12/2023).

Peristiwa itu terjadi pada Minggu 17 Desember 2023 lalu. Latif bercerita, rombongan tersebut hendak menuju ke kawasan Megamendung, Bogor. Namun yang menjadi masalah, ada rombongan pemotor yang ikut masuk ke jalan tol.

Padahal, saat itu petugas yang berjaga di Pejompongan telah mengingatkan, tapi tak digubris.

"Masuk dari Pejompongan, karena mereka dari Petamburan. Masyarakat itu tahu ketentuannya bahwa kendaraan yang bisa melalui tol itu roda 4, nah tapi mereka memaksakan," ujar Latif.

Petugas kepolisian di lapangan kemudian berkoordinasi dengan Traffic Management Center (TMC) Ditlantas Polda Metro Jaya untuk melakukan pengejaran. Upaya itu pun membuahkan hasil.

Latif mengatakan, seluruh pemotor berhasil dikeluarkan mulai dari Pancoran sampai ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Ada sekitar ratusan kendaraan roda dua itu masuk ke tol ya, ratusan atau berapa. Tapi kami upaya sampai dengan Taman Mini, bisa kita keluarkan semuanya," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akan Tilang Pemotor Terobos Tol yang Terekam CCTV

Kasus rombongan pemotor masuk jalan Tol Jagorawi ini masih terus didalami jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya. Saat ini, kepolisian sedang mengumpulkan bukti-bukti pelanggaran melalui rekaman CCTV yang ada di Pejompongan maupun di tempat lain.

"Nah ini sedang kami identifikasi, karena banyak dan kita masih merinci 1 per 1 karena panjang. Kalau te-record, kami akan lakukan penilangan," ujar dia.

Latif berharap kejadian serupa tidak terulang lagi di kemudian hari. Dia mengingatkan kepada seluruh masyarakat terutama pengendara untuk memperhatikan aturan berlalu lintas.

"Kami mohon betul-betul kesadaran masyarakat tentang aturan lalu lintas. Karena sangat membahayakan," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Istri Habib Rizieq Meninggal

Istri dari Habib Rizieq Syihab dikabarkan meninggal dunia. Hal itu dibenarkan oleh kuasa hukum Habib Rizieq, Aziz Yanuar.

“Iya (istri Habib meninggal dunia). Meninggal di kediaman,” tutur Aziz saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (16/12/2023).

 Adapun istri dari Habib Rizieq bernama Syarifah Fadlun bin Yahya. Dia diketahui tengah sakit sebelum akhirnya dikabarkan meninggal dunia.

“Salat jenazah di MS Petamburan jam 07.00 pagi, pemakaman di MS Mega Mendung jam 10.00,” tulis Azis dalam Whatsapp Story-nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.