Sukses

Top 3 News: Klarifikasi Viral Ketua BEM UI Diduga Lakukan Kekerasan Seksual

Viral di media sosial X menyebut Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) 2023 Melki Sedek Huang diduga melakukan kekerasan seksual. Hal itu seperti yang tertulis di akun X adityarizik @BulanPemalu. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Viral di media sosial X yang sebelumnya Twitter, menyebut Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) 2023 Melki Sedek Huang diduga melakukan kekerasan seksual. Hal itu seperti yang tertulis di akun X adityarizik @BulanPemalu. Itulah top 3 news hari ini.

Menanggapi hal tersebut, Ketua BEM UI Melki Sedek Huang mengatakan, dirinya telah mengetahui adanya tuduhan kekerasan seksual yang viral di media sosial. Namun hingga saat ini, Melki tidak melakukan hal tersebut.

Melki menjelaskan, saat ini sedang menunggu proses hukum yang berlaku apabila dirinya dituduhkan melakukan kekerasan seksual. Melki pun mengakui dirinya telah dilakukan penonaktifan sementara sebagai Ketua BEM UI.

Sementara itu, Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah menyoroti kasus dugaan perekrutan tenaga honorer fiktif di DPRD Kepulauan Riau (Kepri).

Menurutnya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad tidak bisa lepas tangan dari perkara tersebut lantara anggaran yang digunakan untuk membayar tenaga honorer bersumber dari APBD, yang merupakan tanggung jawab kepala daerah.

Selain soal anggaran, Trubus berpendapat, Gubernur Ansar juga bertanggung jawab terhadap surat edaran terkait perekrutan tenaga honorer di lingkungan Pemprov Kepri yang diterbitkan pada 2021 dan 2023.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menyebut dirinya nyaman dengan Partai Golkar.

Awalnya, Jokowi ditanya awak media perihal dasi bewarna kuning yang dipakainya saat bertolak ke Jepang pada Sabtu 16 Desember 2023.

Jokowi pun ditanya oleh wartawan soal klaim Golkar yang menyebut dirinya nyaman dengan partai berlambang pohon beringin itu. Jokowi lalu membenarkan dirinya nyaman dengan Partai Golkar.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa 19 Desember 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Viral Ketua BEM UI Diduga Lakukan Kekerasan Seksual, Begini Klarifikasinya

Viral di media sosial X yang sebelumnya Twitter yang menyebut Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) 2023, Melki Sedek Huang diduga melakukan kekerasan seksual. Hal itu seperti yang tertulis di akun X adityarizik @BulanPemalu.

"Alerta !!!, KABEM UI 2023 ngelakuin kekerasan seksual(?)," tulis akun tersebut, Senin 18 Desember 2023. 

Menanggapi hal tersebut, Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang mengatakan, dirinya telah mengetahui adanya tuduhan kekerasan seksual yang viral di media sosial. Namun hingga saat ini, Melki tidak melakukan hal tersebut.

"Katanya ada dugaan kekerasan seksual, tapi sampai hari ini saya masih merasa tidak pernah melakukan hal itu," ujar Melki saat dikonfirmasi awak media, Senin 18 Desember 2023.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Kasus Honorer Fiktif di Kepri, Gubernur Ansar Dinilai Tak Bisa Lepas Tangan

Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah menyoroti kasus dugaan perekrutan tenaga honorer fiktif di DPRD Kepulauan Riau (Kepri).

Menurutnya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad tidak bisa lepas tangan dari perkara tersebut lantara anggaran yang digunakan untuk membayar tenaga honorer bersumber dari APBD, yang merupakan tanggung jawab kepala daerah.

"Jika alokasi APBD tidak tepat guna atau ada dugaan penyelewengan, maka gubernurnya tak bisa lepas tangan begitu saja karena ini mengenai penggunaan APBD yang juga merupakan tanggung jawab kepala daerah," tutur Trubus kepada wartawan, Senin 18 Desember 2023.

 Selain soal anggaran, Trubus berpendapat, Gubernur Ansar juga bertanggung jawab terhadap surat edaran terkait perekrutan tenaga honorer di lingkungan Pemprov Kepri yang diterbitkan pada 2021 dan 2023.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Jokowi Akui Nyaman dengan Partai Golkar

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut dirinya nyaman dengan Partai Golkar.

Awalnya, Jokowi ditanya awak media perihal dasi bewarna kuning yang dipakainya saat bertolak ke Jepang, Sabtu, 16 Desember 2023.

"Sekarang enggak pake dasi," kata Jokowi yang memakai kemeja putih dan celana hitam usai meresmikan Jembatan Otista Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa 19 Desember 2023.

Jokowi pun ditanya oleh wartawan soal klaim Golkar yang menyebut dirinya nyaman dengan partai berlambang pohon beringin itu. Jokowi lalu membenarkan dirinya nyaman dengan Partai Golkar.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.